Inggris Harap-Harap Cemas Kondisi Jordan Henderson

Jordan Henderson (Reuters/Michael Dalder)
10 Juli 2018 11:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Timnas Inggris mendapat kabar buruk jelang laga semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia. Gelandang andalan mereka, Jordan Henderson, terancam absen di laga yang berlangsung di Luzhniki Arena, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, ini lantaran cedera hamstring.

Keluhan tersebut didapat sang pemain saat melawan Swedia di perempatfinal akhir pekan lalu. Cedera pemain Liverpool ini sebenarnya sudah terdeteksi sebelum masuk ke lapangan. Saat sedang pemanasan, dia melakukan kesalahan gerak yang berakibat gangguan pada hamstringnya.

Namun Henderson tetap nekat bermain meski akhirnya diganti Eric Dier lima menit jelang bubaran. Pelatih Gareth Southgate terpaksa menariknya karena sang pemain terlihat sudah sulit berlari secara maksimal. “Saya merasakan sedikit sakit sebelum pertandingan. Ketika itu tinggal 20 menit lagi, saya merasakan sakit di hamstring,” ujar Henderson seperti dilansir The Sun.

Dilansir Sky Sports, Senin (9/7/2018), cedera yang dialami Henderson sebenarnya tidak terlalu parah. Namun tim medis Inggris akan melihat kebugaran pemain hingga hari terakhir untuk memutuskan apakah Henderson akan tampil melawan Kroasia.

Sejauh ini peran Henderson hampir tak tergantikan dengan mencatat 385 menit penampilan di Piala Dunia 2018. Angka itu hanya dapat dilampaui kiper Jordan Pickford dan duet bek John Stones serta Harry Maguire. Umpan suksesnya mencapai 80,6% dan melepaskan 0,8 tembakan di tiap laga.

Jika Henderson harus absen, Three Lions akan sangat berharap pada Eric Dier atau Fabian Delph. Sayang kedua pemain itu baru turun tak lebih dari 135 menit di turnamen kali ini. Dier bahkan tak terlalu mengesankan saat diturunkan sekali sebagai starter dan tiga kali sebagai pengganti di Rusia. Ratingnya menurut Who Scored hanya 6,11 atau terburuk di skuat Inggris.  Jamie Vardy juga masih diragukan tampil karena cedera pangkal paha saat babak 16 besar melawan Kolombia. 

Tokopedia