Piala Dunia 2018: Sterling Mandul, Kroasia Tetap Waspada

Raheem Sterling (Reuters/Carl Recine)
10 Juli 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Siapa pemain Inggris  yang penampilannya di Piala Dunia 2018 masih jauh di luar ekspektasi? Jika melihat performa mereka hingga perempat final kemarin, Raheem Sterling mungkin adalah orangnya. Digadang-gadang tampil moncer seperti saat membela Manchester City, Sterling malah belum mencetak satu gol pun bagi Inggris.

Sterling sebenarnya kerap kali dipasang sebagai starter untuk berduet dengan Harry Kane di lini depan. Hanya sekali pemain 23 tahun itu tak bermain yakni saat Gareth Southgate melakukan rotasi besar-besaran melawan Belgia di fase grup. Namun kepercayaan sang pelatih ternyata belum mampu dijawab sepenuhnya oleh Sterling.

Eks pemain Liverpool itu bahkan membuang peluang emas dua kali saat melawan Swedia, salah satunya gagal mencetak gol meski sudah melewati kiper lawan. Meski belum kunjung menemukan performa terbaik, Sterling tetap diwaspadai Kroasia dalam laga semifinal yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, menilai Harry Kane masih menjadi ancaman terbesar karena sudah mencetak enam gol sejauh ini. Namun Dalic menyebut torehan itu tak lepas dari kontribusi Sterling. “Saya rasa Raheem Sterling adalah seorang pemain yang penting karena dia sangat cepat, kombinasinya dengan Harry Kane sangat berbahaya,” ujarnya dilansir Sky Sports, Senin (9/7/2018).

Selain bola mati, Inggris memang mengandalkan kecepatan dan umpan-umpan panjang untuk menembus pertahanan lawan. Inggris bahkan punya akurasi umpan terbaik di antara keempat semifinalis yakni 85,3%. Mereka juga tim terbaik dalam hal duel udara dengan memenangi 58,95 pertarungan, modal ideal untuk mendapat gol dari situasi bola mati.

“Mereka memperlihatkan dari laga ke laga sebuah direct football yang ditopang kecepatan. Saya tak akan bilang ada kelemahan mencolok dari mereka,” tutur Dalic.

Kroasia agaknya perlu semakin mewaspadai kecepatan Inggris jika bek sayap mereka, Sime Vrsaljko, tak bisa bermain. Pemain Atletico Madrid itu cedera ketika melawan Rusia di perempat final dan masih diragukan tampil melawan Inggris. Sejauh ini Vrsaljko menjadi bek Kroasia dengan rating terbaik bersama Domagoj Vida.