Prediksi Prancis Vs Belgia: Banjir Gol Lagi?

Belgia (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
10 Juli 2018 15:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ST. PETERSBURG – Kali terakhir Prancis bertemu Belgia tercipta drama tujuh gol di lapangan. Prancis menundukkan Belgia 4-3 dalam laga persahabatan di Stade de France, Paris, Prancis, Juni 2015. Tiga gol bahkan tercipta dalam rentang waktu lima menit setelah jeda turun minum.

Pertemuan Prancis versus Belgia memang identik dengan banjir gol. Bahkan, bentrok tim Eropa yang saling bertetangga ini pernah menghasilkan sembilan gol ketika Prancis melumat Belgia 6-3 pada Kualifikasi Piala Dunia 1958 Zona Eropa, November 1956. Prancis versus Belgia juga pernah menghasilkan banyak gol di panggung Piala Dunia. Tepatnya pada laga perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1986. Prancis yang masih diperkuat Jean-Pierre Papin dkk. menggempur Belgia 4-2 di Puebla, Meksiko.

Parade gol pun bisa jadi akan tercipta ketika Prancis bertemu Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018  di Saint Petersburg Stadium, St. Petersburg, Rabu (11/7/2018) pukul 01.00 WIB. Jika dijumlah, koleksi gol Belgia dan Prancis mencapai 23 gol sejak fase grup di Piala Dunia 2018. De Rode Duivels, julukan Belgia, menjadi tim tertajam dengan 14 gol. Sedangkan Prancis menempati urutan ketiga dengan mengoleksi 9 gol.

Dua tim ini diperkuat pemain-pemain yang lihai mencetak gol. Tak peduli di mana posisi mereka, dari striker sampai bek, Prancis dan Belgia memiliki pemain dengan insting membobol gawang lawan. Sejak takluk 0-2 dari Spanyol di laga persahabatan pada September 2016, Eden Hazard dkk. tidak terkalahkan dalam 23 laga plus memborong 78 gol.

Pencetak gol Belgia di Piala Dunia 2018 ini pun lebih merata. Dari 14 gol sejak fase grup, diciptakan sembilan pemain berbeda. Penampilan Romelu Lukaku dkk. semakin diakui setelah mereka memulangkan tim favorit juara, Brasil, dengan skor 2-1 di perempat final.

“Kami tidak takut kepada siapa pun. Kami percaya diri sejak awal dan tidak ada yang perlu meragukan kami,” jelas bek Prancis, Benjamin Pavard, seperti dilansir Nytimes.com, Senin (9/7/2018).

Pavard pernah menciptakan golazo (gol indah) ketika Prancis menundukkan Argentina 4-3 di babak 16 besar lalu. Pemain belakang Prancis lainnya, Raphael Varane, tak mau kalah dengan mencetak gol untuk membawa timnya menang 2-0 atas Uruguay di perempatfinal. Tapi bek Prancis akan fokus pada tugas pokok mereka mengawal pertahanan tim berjuluk Les Bleus.

Pelatih Prancis, Didier Dechamps, bakal menyiapkan Lucas Hernandez sebagai “tukang jagal”. Menurut versi Who Scored, bek Atletico Madrid itu memiliki rating tertinggi dalam menjaga pertahanan Prancis selama Piala Dunia 2018. Hernandez melakukan rata-rata 2,6 tekel per laga sejak fase grup.