Gara-Gara Guardiola, Inggris Bisa Juara Piala Dunia 2018

Josep Guardiola (Reuters/Carl Recine)
10 Juli 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Inggris berpeluang meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Saat ini, mereka sudah lolos ke babak semifinal dan akan menghadapi Kroasia. Inggris pun mendapat dukungan dari sebuah fakta untuk bisa juara dunia.

Fakta itu berkaitan dengan karier kepelatihan Josep Guardiola. Guardiola seperti menjadi jimat bagi sebuah negara untuk bisa menjadi juara dunia. Kok bisa? begini penjelasannya.

Guardiola mengawali karier kepelatihannya dengan menangani klub Spanyol, Barcelona, pada 2008 hingga 2012. Di tengah karier kepelatihannya ada event Piala Dunia 2010. Pada edisi yang digelar di Afrika Selatan itu, Spanyol keluar sebagai juara.

Spanyol berhasil menjadi juara usai mengalahkan Belanda dengan skor 1-0. Gol kemeangan La Furia Roja itu dicetak oleh Andres Iniesta di masa injury time atau tepatnya pada menit ke-116. Spanyol sendiri menjadi unggulan di Piala Dunia 2010 karena mereka adalah juara Euro 2008.

Tuah Guardiola pun berlanjut untuk Jerman. Ya, setelah melatih Barca, Guardiola istirahat sejenak untuk kemudian melatih klub Jerman Bayern Munchen pada 2013. Selang setahun, ada turnamen Piala Dunia 2014 di Brasil.

Menariknya, Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia 2014. Der Panzer keluar sebagai juara usai menaklukkan Argentina di final dengan skor 1-0. Gol kemenangan Jerman itu dibuat Mario Gotze di masa extra time atau tepatnya di menit ke-113.

Nah, Inggris tentu kini berharap pada tuah Guardiola juga. Pasalnya, pelatih berkepala plontos itu kini tengah menangani Manchester City. Bisa jadi, nasib Inggris sama dengan Spanyol dan Jerman. Namun, The Three Lions harus mampu melewati adangan Kroasia di babak semifinal lebih dulu.

Fakta tuah Guardiola untuk tim juara dunia:

2010: Guardiola melatih Barcelona, Spanyol juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

2014: Guardiola melatih Bayern Munchen, Jerman juara Piala Dunia 2014 di Brasil

2018: Guardiola melatih Manchester City, Inggris ?

Tokopedia