Prancis vs Belgia 1-0: Les Blues Melangkah ke Final

Perayaan gol Umtiti. (Reuters)
11 Juli 2018 03:05 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAINT PETERSBURG - Prancis akhirnya memastikan satu tempat di Final Piala Dunia 2018 lewat kemenangan tipis 1-0 atas Belgia. Bermain di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Selasa (10/7/2018) malam waktu setempat, Tim Ayam Jantan memastikan kemenangan lewat gol bek Samuel Umtiti.

Dengan kemenangan ini, tim asuhan Didier Deschamps tersebut bakal menghadapi pemenang dari duel Inggris kontra Kroasia untuk jadi juara dunia.

Babak Pertama

Permainan berjalan sangat menarik sejak kick-off laga di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Kedua tim menampilkan permainan terbuka dan terlibat jual beli serangan.

Belgia secara mengejutkan mampu mendominasi penguasaan bola. Peluang pertama datang dari kaki Eden Hazard di menit ke-5. Setelah berhasil menerobos sisi sayap kiri melepaskan umpan mendatar di muka gawang. Namun, bola lebih dulu disapu Samuel Umtiti sebelum diterima Romelu Lukaku.

Peluang kembali tercipta pada menit ke-16. Eden Hazard yang mendapatkan operan dari Kevin De Bruyne melepaskan tembakan menyilang, tapi arahnya masih sedikit meleset dari gawang Prancis.

  • N'Golo Kante menjadi pengawal pergerakan Kevin De Bruyne. (Reuter)

Prancis merespons dua menit kemudian melalui tembakan jarak jauh Blaise Matuidi. Namun, percobaan Matuidi tak berbuah gol karena bola bisa diamankan oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia nyaris memimpin pada menit ke-22. Tembakan keras Toby Alderweireld mengarah ke gawang Prancis, tapi kiper Hugo Lloris terbang untuk menepis bola keluar lapangan.

Prancis gantian mengancam melalui peluang yang didapatkan oleh Olivier Giroud. Dalam posisi membelakangi gawang, Giroud menyundul umpan silang dari Benjamin Pavard. Sial buat dia, arah bola masih sedikit melenceng.

Ancaman berikutnya dari Prancis datang dari Pavard pada menit ke-40. Bek kanan Prancis itu menusuk hingga kotak penalti Belgia, tapi tembakan jarak dekatnya bisa digagalkan Courtois dengan kaki.

  • Upaya Griezmann belum menghasilkan gol di babak pertama. (Reuters)

Kedua tim terus mencoba memecahkan kebuntuan di sisa babak pertama. Tapi, skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Prancis langsung melancarkan tekanan ke pertahanan Belgia sejak peluit tanda babak kedua laga ini dimulai. Sebuah serangan cepat yang dimotori oleh Mbappe hampir saja membawa Prancis unggul 1-0 atas Belgia. Namun upaya masih mampu digagalkan barisan belakang Belgia.

Upaya Prancis untuk mencetak gol pun akhirnya terealisasikan pada menit 51 melalui aksi dari Umtiti. Memanfaatkan umpan sepak pojok Griezmann, Umtiti menyambutnya dengan sundulan yang tak mampu dihadang oleh Courtois. Prancis 1-0 Belgia.

  •   Gol Samuel Umtiti. (Reuters)

Tidak berselang lama dari gol Umtiti, Prancis hampir saja menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Belgia melalui aksi Giroud. Memanfaatkan sodoran matang dari Mbappe, Giroud coba melepaskan sepakan ke gawang Belgia. Tapi tembakannya mampu dihadang oleh Vertonghen.

Memasuki menit 70, Belgia kini mengambil alih permainan. Mereka pun mulai mendapatkan serangkaian peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Tapi upaya dari De Bruyne dan Fellaini masih belum membuahkan hasil.

Hanya berjarak enam menit, Lukaku hampir saja membawa Belgia menyamakan kedudukan dari Prancis melalui aksinya. Tapi sayang upaya ujung tombak Manchester United tersebut hanya menghasilkan sepakan gawang untuk Prancis saja.

Pada menit 83, Belgia kembali mendapatkan kesempatan emas untuk bisa menyamakan kedudukan melalui sepakan bebas De Bruyne. Akan tetapi umpan yang dilepaskan De Bruyne gagal dimanfaatkan oleh rekan-rekan setimnya untuk jadi gol.

Di pengujung laga, Prancis hampir saja memperbesar keunggulan mereka jadi 2-0 melalui aksi Griezmann. Namun tembakan penyerang berusia 27 tahun tersebut masih dengan mudah diamankan oleh Courtois.

  • Duel Blaise Matuidi dan Eden Hazard di lapangan tengah. (Reuters)

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan yang mampu diciptakan oleh kedua tim. Prancis pun akhirnya mampu menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan 1-0 atas Belgia.

Susunan pemain Prancis vs Belgia;

Prancis (4-2-3-1): Kiper: Hugo Lloris; Bek: Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Gelandang: Paul Pogba, N'Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 86'); Striker: Olivier Giroud (Steven Nzonzi 85').

Belgia (3-5-2): Kiper: Thibaut Courtois; Bek: Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Gelandang: Mousa Dembele (Dries Mertens 60'), Marouane Fellaini (Yannick Ferreira-Carrasco 80'), Axel Witsel, Nacer Chadli (Michy Batshuayi 90'), Kevin De Bruyne; Striker: Romelu Lukaku, Eden Hazard.