Wasit Kontroversial Pimpin Kroasia Vs Inggris

11 Juli 2018 09:55 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOWInggris barang kali merasa lega ketika mengetahui Cuneyt Cakir bakal memimpin laga mereka melawan Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018)  pukul 01.00 WIB.

Inggris memiliki pengalaman manis ketika pertandingan mereka dipimpin wasit asal Turki tersebut. Seperti dilansir Thesun.co.uk, Selasa (10/7/2018), tim berjuluk The Three Lions tersebut lima kali dipimpin Cakir dalam laga internasional. Tak tanggung-tanggung, Inggris  tak pernah merasakan kekalahan dalam lima laga tersebut!

Tiga laga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Inggris dan dua pertandingan lain menghasilkan skor imbang. Tiga kemenangan itu masing-masing saat Inggris menundukkan Andorra pada 2008, menumbangkan Swiss pada 2014, dan menaklukkan Skotlandia 3-0 pada Kualifikasi Piala Dunia di Stadion Wembley, November 2016. Sementara dua hasil seri terjadi ketika The Three Lions ditahan Ghana pada 2011 dan Ukraina setahun kemudian.

Penunjukan Cakir untuk memimpin laga besar, seperti semifinal Piala Dunia, memang bukan hal mengherankan. Wasit berusia 41 tahun itu berpengalaman untuk laga-laga penting. Dia juga pernah memimpin final Liga Champions 2015 yang mempertemukan Barcelona versus Juventus.

Namun, Cakir mendapat sorotan ketika memimpin duel Argentina ketika mengalahkan Nigeria 2-1 di fase grup Piala Dunia 2018 ini. Saat itu, Cakir menolak permintaan Nigeria yang menuntut pemakaian video assisten referee (VAR) ketika bek Argentina, Marcus Rojo, tampak melakukan handball di kotak terlarang. “No [tidak],” ujarnya kala itu.

Kontroversi lainnya, Cakir membuat marah mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, karena mengusir Luis Nani ketika melawan Real Madrid pada laga babak 16 besar Liga Champions 2013.