Jangan Jemawa Dulu Prancis!

Prancis (Reuters/Lee Smith)
11 Juli 2018 10:55 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, ST PETERSBURG - Prancis berhasil menjejak babak final Piala Dunia 2018 usai membekuk Belgia di babak semifinal. Prancis tak boleh jemawa dulu lantaran belum meraih hasil apa-apa.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih mereka, Didier Deschamps. Menurut Deschamps, Prancis memang sudah menunjukkan performa apik di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Namun, hal itu belum bisa dibanggakan lantaran belum memastikan gelar juara.

Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia dengan skor 1-0 di Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Gol kemenangan Les Blues itu dilesakkan oleh Samuel Umtiti lewat sundulan usai memanfaatkan assist Antoine Griezmann dari sepak pojok.

Ini menjadi kali kedua secara beruntun bagi Prancis lolos ke final turnamen akbar. Sebelumnya, mereka berhasil menjejak final Piala Eropa 2016. Diunggulkan dan menjadi tuan rumah, Prancis justru keok dari Portugal. Gol Eder di masa extra time membuat Prancis terluka.

Deschamps tahu betul kekecewaan pada final Piala Eropa 2016 itu. Pasalnya, dia adalah pelatih Prancis dua tahun lalu. Deschamps pun ingin memetik pelajaran dari kekalahan di final tersebut. Oleh karenanya, dia meminta anak asuhnya tak jemawa dulu.

"Laga terpenting akan dihelat Minggu nanti. Kami memberi keuntungan untuk diri kami sendiri dengan mencapai final Piala Dunia. Saya ada di sana dua tahun lalu [Final Piala Eropa 2016] dan sangat menyakitkan. Kami ingin merasakan kemenangan sekarang," ujarnya seperti dilansir BBC.

"Memenangi semifinal tak ada artinya setelah kalah di final dua tahun lalu. Kami mendapat kesempatan untuk memberikan kebahagiaan bagi banyak orang. Tapi, kami akan mencoba memberikan kebahagiaan yang lebih besar lagi pada minggu nanti," sambungnya.