Kroasia Vs Inggris: Sama-sama Kuat di Udara

Para Pemain Timnas Inggris (Reuters/Murad Sezer)
11 Juli 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOWInggris merupakan tim dengan persentase tertinggi dalam memenangi duel udara di Piala Dunia 2018 ini. Tim berjuluk The Three Lions tersebut mencaplok 58,9% kemenangan dalam duel udara.

Pasukan Gareth Southgate tersebut memang memiliki pemain dengan postur menjulang yang bisa diandalkan untuk memperebutkan bola atas. Di bagian depan, terdapat Harry Kane. Sementara bek-bek Inggris juga lihai dalam memenangi serangan udara, seperti Harry Maguire, Phil Jones, Kyle Walker, hingga John Stones.

Kroasia pun pantas waspada dengan ancaman serangan udara dari Inggris ketika kedua tim ini dipertemukan pada semifinal di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) pukul 01.00 WIB. Beruntung, tim berjuluk Vatreni ini memiliki defender yang cakap mengantisipasi bola atas, yakni Dejan Lovren.

Menurut versi Who Scored, Lovren menjadi pemain Kroasia yang paling banyak memenangi duel udara. Bek Liverpool tersebut rata-rata lima kali memenangi perebutan bola atas per laga. Lovren mengaku siap untuk membendung serangan striker Inggris, Harry Kane, yang mencetak enam gol di Piala Dunia 2018 dan memenangi 4,8 duel udara per laga untuk timnya.

“Dia [Kane] salah satu striker terbaik di Liga Premier Inggris. Dia layak mendapatkan pujian. Dalam beberapa musim terakhir, dia mencetak lebih dari 25 gol [di Liga Premier] dan dia salah satu striker terbaik di dunia. Namun saya senang menantang striker seperti ini dan siap membuktikan kepada siapa pun bahwa saya bek terbaik di dunia,” jelas Lovren, seperti dilansir Goal.com, Selasa (10/7/2018).

Di Liga Premier 2017/2018, Lovren sempat memiliki pengalaman buruk menghadapi Kane ketika Liverpool dibikin babak belur Tottenham Hotspur 1-4 di Wembley. Penampilan Lovren sebenarnya sudah lumayan membaik ketika Liverpool menahan Spurs di Anfield. Tapi, bek berpostur 188 cm tersebut masih perlu membuktikan bisa memaksa Kane tak berkutik.

Sementara di barisan penyerang, serangan udara Kroasia tak kalah berbahaya. Vatreni, julukan Kroasia, memiliki Mario Mandzukic yang piawai memanfaatkan bola atas untuk mencetak gol. Penyerang Juventus itu rata-rata memenangi 4,8 duel udara per laga. Hanya, Mandzukic belum pernah mencetak gol dari sundulan di Piala Dunia 2018 ini.

Mandzukic sendiri sangat yakin bisa merobek gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford. Pickford mencuri perhatian di Piala Dunia kali ini karena serangkaian penyelamatan fenomenal yang dilakukkanya saat Inggris menyingkirkan Swedia. 

Tokopedia