Kroasia Vs Inggris: Perang Jenderal Lapangan Tengah

Luca Modric dan Ivan Rakitic (Reuters/Christian Hartmann)
11 Juli 2018 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Luka Modric dan Ivan Rakitic boleh saja berseteru di level klub. Namun, duet pemain Real Madrid dan Barcelona (el clasico) tersebut sangat kompak ketika memperkuat Kroasia di Piala Dunia 2018.

Bahkan bisa dikatakan duo el clasico ini merupakan nyawa permainan Vatreni, julukan Kroasia, selama di Rusia. Modric dan Rakitic bukan hanya berkontribusi dengan operan-operan akurat mereka. Mereka sekaligus menjadi pemimpin bagi rekan-rekannya.

Mentalitas baja kedua pemain ini bisa terlihat saat Kroasia memenangi adu penalti melawan Denmark di babak 16 besar dan kontra Rusia di perempat final. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, selalu memercayakan dua pemain itu masuk algojo penalti. Keduanya pun membayar kepercayana itu dengan mencetak gol.

Rakitic bahkan selalu berhasil melewati ujian mental ketika dipasang sebagai algojo terakhir yang sangat menentukan. “Dia berarti besar bagi tim dan saya pikir Luka dan Ivan gelandang terbaik di turnamen ini dan semoga mereka terus seperti itu,” jelas Dalic, seperti dilansir Theguardian.com, Selasa (10/7/2018).

Modric dan Rakitic menunjukkan spirit tak kenal lelah. Lihat bagaimana usaha jenderal lapangan tengah Kroasia itu dalam menggiring bola selama berada di Rusia. Rakitic membawa bola sepanjang 18,9 km dan Modric dengan 20,7 km dalam lima laga di Piala Dunia 2018.

Inggris harus bisa mengimbangi duet El Clasico ini apabila mereka ingin memenangi pertarungan lini tengah ketika bertemu Kroasia di pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) pukul 01.00 WIB. Inggris memiliki Jordan Henderson untuk bersaing dengan Modric dan Rakitic di lini tengah dalam pertarungan di Luzhniki.

Pemain Liverpool tersebut sempat bermasalah dengan pangkal pahanya. Tapi, Henderson sudah kembali latihan penuh bersama pelatih Gareth Southgate. Selain itu, The Three Lions, julukan Inggris, masih memiliki Eric Dier.

“Mereka [Modric dan Rakitic] pemain fantastis, pemain kelas dunia di posisinya. Mereka bermain di level yang sangat tinggi untuk klubnya. Saya belum pernah melawan Rakitic namun saya sempat bertemu Modric dua kali tahun ini di Liga Champions. Dia pemain fantastis yang mampu menciptakan momen magis dan saya pikir dia salah satu pemain paling mengesankan di Piala Dunia sejauh ini,” jelas Dier, seperti dilansir Theguardian.com.