Taklukan Inggris 2-1, Kroasia ke Final Tantang Prancis

Kapten Kroasia Luca Modric dan pelatih Zlatko Dalic merayakan kemenangan atas inggris. (Reuters)
12 Juli 2018 03:48 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Kroasia secara mengejutkan melangkah ke Final Piala Dunia 2018 sekaligus menyingkirkan Inggris berkat kemenangan 2-1 atas Inggris di Semi Final.Jargon Football's Coming Home yang diusung Ingggris seketika berganti menjadi England's Coming Home.

Inggris melakoni pertandingan babak semifinal Piala Dunia 2018 dengan melawan Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Meski tampil menyerang, Inggris harus puas menutup 90 menit laga melawan Kroasia dengan skor 1-1. Sedangkan di babak pertambahan waktu The Three Lions justru kebobolan satu gol Mario Mandzukic.

Babak Pertama

Pada awal babak pertama, Inggris mendominasi jalannya pertandingan. Hal itu terbukti dengan gol cepat yang dicetak Trippier melalui tendangan bebas langsung pada menit ke-5.

  • Perayaan gol Trippier. (Reuters)

Kroasia juga sempat mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh Ante Rebic pada menit ke-18 namun masih melebar dari gawang yang dijaga Jordan Pickford.

Inggris bahkan nyaris menggandakan keunggulan seandainya Harry Kane mampu menuntaskan peluang emas di menit ke-29. Menerima umpan Jesse Lingard di kotak penalti, Kane mencoba mengirimkan bola ke tiang jauh namun masih bisa diblok Subasic.

Bola liar masih bisa dikuasai Kane, namun tembakannya yang kedua masih membentur kaki Subasic sebelum memantul tiang gawang.

Dua menit berselang, Kroasia punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Ante Rebic mendapat celah untuk melepaskan tembakan dari depan kotak penalti, namun bola berhasil ditangkap dengan baik oleh Jordan Pickford.

Inggris juga sempat mengancam gawang Danijel Subasic pada menit ke-35, namun tendangan Jesse Lingard masih belum terarah sehingga melebar dari gawang Kroasia.

Vatreni terus berupaya untuk mencetak gol balasan, namun serangan yang dibangun kerap terpatahkan sejak lini tengah.

  • Sepakan Harry Kane masih bisa diantisipasi Subasic. (Reuters)

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan The Three Lions.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, membuat Kroasia langsung tampil menekan di awal-awal babak kedua laga melawan Inggris ini. Bahkan mereka nyaris bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari Mandzukic. Tapi sepakan Mandzukic masih mampu diamankan barisan belakang Inggris.

Tak berselang lama, giliran Inggris yang memberikan ancaman ke pertahanan Kroasia melalui aksi dari Kane. Mampu menyisir sisi kanan pertahanan Kroasia, Kane menyudahi aksinya itu dengan sebuah tembakan. Tapi tembakan Kane masih belum tepat sasaran.

Upaya Kroasia untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya terbayarkan pada menit 68. Perisic sukses mencatatkan namanya di papan skor usai sepakannya yang memanfaatkan umpan silang dari Vrsaljko tak mampu digapai Pickford. Kroasia 1-1 Inggris.

  • Gol Ivan Perisic. (Reuters)

Keberhasilan Kroasia menyamakan kedudukan membuat tempo pertandingan ini menjadi semakin tinggi. Kedua tim saling berbalas serangan demi bisa mendapatkan gol, namun upaya Kroasia atau pun Inggris masih belum membuahkan hasil positif.

Memasuki menit 80, Kroasia kembali mendapatkan kesempatan emas untuk bisa berbalik unggul atas Inggris. Berawal dari umpan terobosan Modric, Rebic yang mendapatkan bola langsung melepaskan sepakan. Tapi lagi-lagi Pickford keluar sebagai penyelamat Inggris dengan aksinya.

  • Mandzukic nyaris mencetak gol untuk Kroasia. (Reuters)

Di pengujung babak kedua, Lovren coba melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun tembakannya belum tepat sasaran.

90 menit laga berakhir, kedudukan 1-1 masih menghiasi papan skor laga Kroasia kontra Inggris. Dengan begini pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Extra Time

Pada babak tambahan pertama, Inggris langsung mengambil inisiatif serangan. Bahkan mereka hampir saja kembali unggul atas Kroasia melalui tandukkan dari Stones usai memaksimalkan umpan silang dari Alli. Tapi sundulannya masih mampu dihalau oleh Pivaric.

Pada menit 103, Inggriss kembali mengancam pertahanan Kroasia melalui aksi dari Rashford. Memanfaatkan umpan silang Rose, Rashford coba menyambutnya dengan sundulan. Tapi Lovren dengan sigap memotong umpan silang dari Rose tersebut.

Di pengujung babak tambahan pertama, Kroasia nyaris membuat pendukung Inggris terdiam melalui aksinya. Menerima umpan matang dari Perisic, Mandzukic melepaskan sepakan first time. Tapi Pickford masih mampu menghalau aksi Mandzukic tersebut.

Empat menit babak tambahan kedua dimulai, Kroasia akhirnya mampu berbalik unggul atas Inggris melalui gol dari Mandzukic. Mandzukic yang lolos dari perangkap offside, berhasil melepaskan sepakan kaki kanan yang tanpa mampu dihadang oleh Pickford. Kroasia 2-1 Inggris.

Mampu berbalik unggul membuat Kroasia sedikit mengendurkan serangan mereka ke pertahanan Inggris. Hal tersebut terbukti dengan lebih banyaknya para pemain Kroasia mengalirkan bola di area pertahanan mereka sendiri.

Semenit jelang babak tambahan kedua berakhir, Kramaric nyaris saja memperbesar keunggulan Kroasia atas Inggris jadi 3-1. Akan tetapi tembakan yang dilepaskan pemain TSG Hoffenheim tersebut masih menyamping di sisi kiri gawang Inggris.

Hingga peluit ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan ini, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Inggris pun harus mengakui kemenangan lawannya, Kroasia, dengan skor akhir 1-2.

 

 

  • Perayaan gol Mario Mandzukic. (Reuters)

Susunan pemain Kroasia vs Inggris

Kroasia (4-2-3-1): Kiper:Danijel Subasic; Bek: Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Josip Privaric 95'); Gelandang: Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic (Andrej Kramaric 101'), Luka Modric (Milan Badelj 119'), Ivan Perisic; Striker: Mario Mandzukic (Vedran Corluka 115').

Inggris (3-5-2): Kiper: Jordan Pickford; Bek: Kyle Walker (Jamie Vardy 112'), John Stones, Harry Maguire; Gelandang: Jordan Henderson (Eric Dier 97'), Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Ashley Young (Danny Rose 91'); Striker: Raheem Sterling (Marcus Rashford 74'), Harry Kane.