Samuel Umtiti, The Next Lilian Thuram

Samuel Umtiti (Reuters/Anton Vaganov)
12 Juli 2018 09:55 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, ST. PETERSBURG – Samuel Umtiti menjalani performa naik turun sepanjang Piala Dunia 2018. Pemain Timnas Prancis  ini sebenarnya bek yang solid. Namun penampilannya tak sebaik duetnya di jantung pertahanan Les Bleus, Raphael Varane, menurut sejumlah kolumnis sepak bola yang mengamati turnamen di Rusia.

Handball konyolnya yang berbuah penalti di laga pembuka melawan Australia sempat membuat Umtiti banjir kritik. Beruntung saat itu Les Bleus keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Siapa sangka bek kelahiran Yaounde, Kamerun, ini sekarang menjadi aktor protagonis saat Prancis menyingkirkan Belgia di semifinal Piala Dunia 2018, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.

Umtiti mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok Antoine Griezmann di menit ke-51. Meski dikawal Marouane Fellaini, bek 24 tahun ini memenangi duel hingga tandukannya deras menjebol gawang Thibaut Courtois. Itu menjadi gol pertama dan terakhir di laga tersebut meski kedua tim saling jual beli serangan.

Selain meloloskan Les Bleus ke final perdana setelah 12 tahun, gol itu kian istimewa karena membawa Umtiti menjadi pencetak gol termuda Prancis di empat besar Piala Dunia, memecahkan catatan legenda Prancis, Just Fontaine, yang sudah bertahan 60 tahun.

Aksi heroik Umtiti seolah mengulangi momen 20 tahun silam saat Prancis menyingkirkan Kroasia dengan skor 2-1 di semifinal Piala Dunia  1998. Kala itu, Lilian Thuram benar-benar menjadi kejutan setelah memborong dua gol Tim Ayan Jantan. Padahal Prancis saat itu tertinggal 0-1 lebih dulu lewat gol Davor Suker.

Lewat gol itu, Thuram turut membuktikan diri kepada lingkungan yang kerap mendiskriminasinya hanya karena perbedaan warna kulit. “Itu [gol Thuram] adalah momen fantastis. Kami berkata, Thuram untuk Presiden!,” ujar Zinedine Zidane kala itu, dilansir L’Equipe.

Aksi Thuram tentu kembali diharapkan menginspirasi Umtiti, apalagi Prancis tinggal selangkah lagi merengkuh trofi keduanya di Piala Dunia. Melihat kinerja Umtiti bersama Varane di jantung pertahanan saat melawan Belgia, peluang untuk menjadi juara amat terbuka. Di laga itu barisan bek Prancis memang membuat lini serang Belgia tak berkutik.

Eden Hazard dkk. bahkan hanya bisa melakukan 21 sentuhan di kotak penalti Prancis dan menghasilkan empat tembakan tepat sasaran. Kolumnis ESPN, Jonathan Johnson, mengamini dahsyatnya duet tersebut dengan memberi poin tinggi pada Varane (9) dan Umtiti (8).

Tokopedia