Awas Persis Solo! Persibat Batang Jago Tandang

Winger Persis Solo Dedi Cahyono Putro (paling kanan) meluapkan kegembiraan seusai menjebol gawang Aceh United di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (5/5 - 2017). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
13 Juli 2018 09:55 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Para pemain Persis Solo boleh tersenyum kala melihat hasil dari empat laga kandang yang dijalani tim. Laskar Sambernyawa mengemas empat kemenangan beruntun saat bermain di Stadion Manahan Solo.

Namun, Persibat Batang bukanlah tamu yang ramah buat Persis Solo. Laskar Alas Roban, julukan Persibat Batang sejauh ini belum terkalahkan kala bertamu ke markas lawan. Anak asuh Daniel Roekito berhasil memetik satu poin di kandang Cilegon United dan Perserang Serang di pekan ketiga dan keempat Liga 2 Wilayah Barat.

Menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan pada Jumat (13/7/2018) merupakan laga tandang ketiga bagi Agung Supriyanto dkk di Liga 2. Dalam laga uji coba pramusim, Februari lalu, Persibat Batang juga meraih hasil positif kala menghadapi Persis Solo. M. Wahyu dkk. takluk 0-1 di Stadion Manahan dan hanya mampu bermain imbang 0-0 di markas Persibat Batang Stadion M. Sarengat.

“Soal tekanan suporter tuan rumah, itu sudah kami dapat saat bertandang ke Cilegon dan Perserang. Kami juga bisa meraih kemenangan atas Persis di laga uji coba. Para pemain kami sudah terbiasa mengatasi tekanan suporter tuan rumah. Jadi, kami tetap membidik minimal satu poin, syukur bisa ditambah dua poin,” ujar Daniel Roekito dalam jumpa pers di Stadion Manahan Solo, Kamis (12/7/2018).

Kemenangan 1-0 kontra Persika Karawang di pekan ketujuh menjadi modal berharga Persibat Batang untuk menghadapi Persis Solo. Laskar Alas Roban tidak akan diperkuat empat pilar utama yakni Toni, Jalil, Jupri dan Bagas. Namun, Persibat Batang memiliki sosok pemain yang kenyang pengalaman seperti Musari dan Ugiex.

Keberadaan Agung Supriyanto yang musim lalu berseragam Persis Solo juga menjadi kartu as bagi Persibat Batang. Meski hanya separuh musim membela Laskar Sambernyawa, eks pemain Timnas U-23 itu tentu hafal dengan karakter permainan dan kekuatan dari mantan timnya itu.

“Secara hitam di atas putih, materi pemain kami jauh di bawah Persis Solo. Tapi, mudah-mudahan anak-anak bisa melayani permainan Persis Solo dan tidak tampil mengecewakan,” papar Daniel Roekito.

Sementara itu, Persis Solo kembali belum bisa diperkuat Arif Yanggi Rahman karena masih dalam tahap pemulihan pascacedera. Sang pemain sudah ikut berlatih bersama tim, namun pemain asal Tanah Minang itu hanya akan menyaksikan rekan-rekannya bertanding dari tribune penonton. Kabar baiknya, Persis Solo sudah bisa diperkuat gelandang Heru Eto'o Setyawan yang sudah terbebas dari hukuman akumulasi kartu kuning.

“Melawan Persibat akan menjadi pertandingan yang tak mudah. Ini pertandingan yang akan menguras tenaga. Yang pasti kami akan kerja ekstra untuk meraih kemenangan,” jelas Pelatih Persis Solo Jafri Sastra.