Imbas Keributan Suporter, Perizinan Persis Solo Vs Persibat Sempat Tersendat

Pasoepati merayakan kemenangan Persis Solo (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
13 Juli 2018 12:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Dua hari jelang laga kontra Persibat Batang, Ketua Panpel Persis Solo Didik Daryanto dibuat waswas karena belum turunnya izin dari Polresta Solo untuk menjamin keamanan pertandingan itu. Usut punya usut, Polresta Solo sempat ragu memberikan izin laga itu karena ulah suporter Persis Solo yang terlibat keributan dengan suporter Persik Kendal di Stadion Utama Bahurekso Kendal, Senin (9/7/2018) lalu.

Keributan suporter itu memang terjadi di Kendal, namun Polresta Solo ikut memberi alarm peringatan kepada suporter Persis Solo. Bila Polresta Solo tidak memberikan izin, sudah pasti laga antara Persis Solo melawan Persibat Batang di matchday kedelapan Liga 2 Wilayah Barat urung digelar pada Jumat (13/7/2018).

“Izin dari kepolisian baru kami terima kemarin [Rabu, 11/7/2018]. Keributan suporter yang terjadi di Kendal berimbas pada proses pengurusan izin. Polisi sempat ragu memberi izin karena khawatir kejadian serupa terulang di Stadion Manahan,” jelas Didik Daryanto dalam jumpa pers di Stadion Manahan Solo, Kamis (12/7/2018).

Didik menjelaskan Polresta Solo memberi catatan khusus kepada suporter Persis Solo yang terlibat pelemparan botol minuman dengan suporter Persik Kendal. Terlepas kubu siapa yang lebih dulu memicu keributan, kelompok suporter Persis Solo juga terekam kamera bertindak anarkis dengan merusak pagar tribune timur Stadion Utama Bahurekso.

“Itu jadi catatan khusus bagi polisi. Jika keributan kembali terulang, bisa saja izin pertandingan ke depannya tidak diberikan. Oleh karenanya, saya mengimbau kepada teman-teman suporter untuk ikut menjaga kondusivitas Kota Solo dengan tidak membuat keributan dengan suporter lawan,” terang Didik.

Panpel Persis Solo mencetak 21.500 lembar tiket di matchday kedelapan Liga 2 Wilayah Barat itu. Rencananya, laga itu akan mendapat pengamanan dari 590 personel TNI dan Polri plus 100 personel pengamanan internal. Kabarnya, sekitar 200 suporter Persibat Batang akan datang ke Stadion Manahan untuk mendukung tim kesayangan mereka bertanding.

“Konfirmasi terakhir, yang akan datang lebih dari 150 orang. Tapi, kami mengalokasikan 500 lembar tiket untuk suporter tamu. Mereka kami tempatkan di tribune VIP sayap selatan,” papar Didik.