Prediksi Belgia Vs Inggris: Awas Antiklimaks!

Inggris vs Belgia (Reuters/Fabrizio Bensch)
14 Juli 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ST. PETERSBURG — Keputusan Gareth Southgate menurunkan hampir 100% pemain pelapis saat melawan Belgia di fase grup Piala Dunia 2018 kemarin mungkin tak ada yang menggugat. Meski akhirnya kalah 0-1, Inggris tetap melaju ke babak 16 besar sekaligus menghindari tim raksasa Brasil.

Namun Southgate kali ini bisa menjadi bulan-bulanan andai kembali menurunkan tim cadangan saat melawan Belgia di St. Petersburg Stadium, Sabtu (14/7/2018) malam WIB. Meski statusnya hanya perebutan posisi ketiga, ada gengsi yang perlu dijaga Inggris agar bisa pulang dengan kepala tegak. Apalagi sejak 1990, Three Lions tak pernah lagi melaju ke semifinal.

Tokopedia

Kesempatan naik ke panggung kehormatan untuk menerima medali jelas tak boleh disia-siakan Inggris.”Tantangan terberat kami adalah mengembalikan mental pertandingan,” ujar Southgate seperti dilansir Sports Mole, Jumat (13/7/2018).

Kekalahan 1-2 dari Kroasia di empat besar memang amat menyesakkan setelah performa impresif mereka sejak fase grup. Ekspektasi tinggi lewat slogan “football is coming home” langsung berantakan saat Jordan Henderson dkk. tak berkutik di tangan Vatreni, julukan Kroasia. Perjuangan Inggris bisa antiklimaks jika mereka kembali keok di perebutan tempat ketiga. “Kami harus bangkit. Kami tak ingin mengecewakan pendukung,” ucap Southgate.

Jika ingin menandingi Belgia yang baru saja menelan kekalahan pertamanya setelah 26 laga, Inggris pantang mengganti pilar seperti Harry Kane, Dele Alli, Jordan Henderson maupun Jordan Pickford. Penyegaran mungkin bisa diberikan di bek sayap kanan dengan memasukkan Trent Alexander Arnold menggantikan Kieran Trippier yang mengalami cedera pangkal paha setelah melawan Kroasia. Marcus Rashford juga bisa menjadi opsi mendampingi Kane.

Di sisi lain, Belgia ikut memandang serius laga melawan Three Lions. Jika mampu menjadi juara ketiga, Eden Hazard dkk. akan menjadi generasi yang menorehkan prestasi terbaik bagi Belgia sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia. Sebelumnya capaian tertinggi Rode Duivels (Setan Merah) adalah finis peringkat keempat di Piala Dunia 1986. “Kami harus berkumpul kembali, memulihkan diri dan melihat peluang,” ujar Pelatih Belgia, Roberto Martinez.

Sayang catatan Belgia saat bersua Inggris tak begitu baik. Di luar kemenangan di fase grup lalu, Rode Duivels kalah 15 kali dari 21 pertemuan melawan Inggris. Kedua negara telah bertemu dua kali di Piala Dunia, dengan hasil imbang 4-4 pada 1954 dan kemenangan 1-0 untuk Three Lions pada 1990.