Azka Fauzi, Idola Baru Suporter Persis Solo

Azka Fauzi (Solopos/M. Ferri Setiawan)
14 Juli 2018 18:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Beberapa hari jelang dimulainya kick off Liga 2 Indonesia pada April 2018 lalu, kalangan suporter Persis Solo sempat dibuat ketar-ketir. Pasalnya, janji manajemen Persis Solo untuk mendatangkan pemain depan yang haus gol urung ditepati.

Para suporter mempertanyakan keseriusan manajemen Laskar Sambernyawa yang ingin membangun tim yang kuat dalam mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia. Sebelumnya, para suporter sudah dibuat gerah dengan langkah manajemen yang tidak memperpanjang kontrak Rudiyana meski pemain ini menjadi top scorer dengan delapan gol bagi Persis Solo musim lalu.

Tokopedia

Hadirnya Azka Fauzi Wibowo, 22, sempat membuat kalangan suporter sedikit lega. Nama besar mantan klubnya, Bali United, seakan menjadi jaminan bila Azka Fauzi bakal tampil moncer di lini depan. Datangnya Azka Fauzi sepekan jelang kick off Liga 2 itu menjadi angin segar bagi kalangan suporter yang menginginkan datangnya striker haus gol.

Di tangan Jafri Sastra, Azka Fauzi yang berposisi asli sebagai striker ditempat sebagai winger. Meski baru bergabung latihan selama sepekan, Azka Fauzi membuktikan manajemen Persis Solo tidak salah mendatangkannya. Azka tampil brilian di laga debut yang menjadi pertandingan pembuka Liga 2 menghadapi tim kuat Semen Padang FC.

Ia menyempurnakan laga debutnya bersama Persis Solo dengan sebuah gol tandukan yang merobek jala Semen Padang. Di akhir pertandingan, Semen Padang takluk dengan skor telak 0-3. Di pekan kedua, Azka Fauzi kembali mencetak gol ke gawang PSPS Riau yang membawa timnya unggul 3-1. Di laga itu, ia juga membukukan assist kepada Dedi Cahyono Putro.

Menghadapi Cilegon United di pekan keenam, Azka Fauzi mencetak gol ketiganya untuk Persis Solo dalam laga yang dimenangi Laskar Sambernyawa dengan skor 2-0. Azka Fauzi kembali menjadi tokoh protagonis di balik kemenangan Persis Solo atas Persibat Batang di matchday kedelapan Liga 2 Wilayah Barat di Stadion Manahan Solo, Jumat (13/7/2018).

Pemain bernomor punggung 45 itu mencetak gol kemenangan Persis Solo setelah memanfaatkan kemelut di mulut gawang Persibat Batang. Ia juga berperan dalam gol pertama yang dicetak Johan Yoga. Setelah memenangi duel udara, dengan cerdik ia melepaskan umpan manja dengan tumit kepada Johan Yoga.

Total sudah empat gol yang dicetak Azka Fauzi dari tujuh laga bersama Persis Solo. Ia memimpin daftar pencetak gol Persis Solo. Azka pun berpeluang menambah pundi-pundi golnya karena musim kompetisi Liga 2 masih panjang. Tak hanya piawai dalam mencetak gol, Azka Fauzi juga kerap memamerkan skill-nya melewati adangan pemain lawan.

Tak heran, Azka Fauzi selalu menjadi pilihan utama Jafri Sastra di starting eleven. Azka hanya absen di laga menghadapi Persiraja Banda Aceh karena dibekap cedera. Azka pun kini sudah menjadi idola baru bagi suporter Persis Solo.

“Senang bisa mencetak gol. Saya bersyukur dengan kemenangan ini. Ini berkat kerja keras teman-teman di laga ini,” ujar Azka Fauzi dalam jumpa pers seusai pertandingan. Moh. Khodiq Duhri