Babak I: Gol Ciamik Feby Bawa Indonesia Ungguli Thailand 1-0

Timnas Indonesia U-19 menjelang laga melawan Malaysia di semifinal Piala AFF U-19, Kamis (12/7/2018). (Twitter - @pssi)
14 Juli 2018 16:16 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Indonesia untuk unggul 1-0 atas Thailand pada babak pertama laga perebutan juara ketiga Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018), sore. Indonesia mampu bermain efektif menembus Thailand yang bermain hati-hati dan cenderung lambat.

Thailand yang sudah merasakan berbahayanya serangan Indonesia selalu berupaya memainkan tempo permainan menjadi lebih lambat. Namun mereka terus melakukan pressing ketat di setengah lapangan. Sebenarnya Thailand sudah memberikan tekanan di menit-menit awal ke pertahanan Indonesia. Tekanan itu membuahkan dua peluang yang hanya melebar dari sasaran.

Tokopedia

Indonesia baru menunjukkan taringnya pada menit ke-5. Serangan yang dibangun dari tengah melalui umpan satu dua diakhiri dengan tembakan keras Syahrian Abimanyu ke gawang Thailand. Sayangnya kiper Thailand masih mampu memblok tembakan itu.

Semenit kemudian, Rafli yang mendapatkan bola menusuk ke kotak penalti Thailand. Rafli mendapatkan dorongan bek Thailand dan terjatuh, namun wasit tidak menganggap aksi bek Thailand itu sebagai pelanggaran.

Berikutnya, bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Baik Indonesia maupun Thailand sama-sama jarang memberikan tekanan ke daerah pertahanan lawan. Para pemain belakang Thailand juga tampak berhati-hati dan tidak meninggalkan pos mereka.

Menit 25, permainan dari kaki ke kaki oleh tiga gelandang Indonesia diakhiri umpan terobosan Rifad Marasabessy ke depan. Sayang, tembakan Syahrian Abimanyu masih melambung di atas mistar gawang. Tak sampai semenit kemudian, Feby Eka Putra yang berdiri bebas di depan kotak penalti melepaskan tendangan langsung namun masih lemah.

Indonesia terus menekan dan memaksa para pemain Thailand bertahan di sepertiga lapangan. Dalamnya garis pertahanan Thailand membuat umpan kaki ke kaki sulit menembus. Hal itu membuat Indonesia membuat percobaan tembakan jarak jauh untuk memecah kebuntuan.

Pada menit 30 Luthfi melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan dari jarak sekitar 20 meter ke gawang Thailand. Namun bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Upaya Indonesia baru berbuah gol melalui upaya keras Feby yang bergerak dari sayap kiri pada menit 35. Tusukannya diakhiri dengan tembakan dari sudut sempit yang sempat membentur sisi kiri gawang Thailand. Indonesia unggul 1-0.

Feby kembali mengulangi upayanya menusuk di sayap kiri namun bisa diblok bek Thailand. Di menit-menit akhir babak pertama, Thailand mulai bangkit menekan. Hasilnya, dua kali tembakan jarak dekat ke gawang dilepaskan para striker Thailand pada menit 45 meski bisa diblok oleh Kadek.

Pertandingan memanas di perpanjangan waktu saat Sittichok memprovokasi dengan mengganggu Abimanyu. Todd Rivaldo yang tak terima memegang kepala Sittichok hingga terjadi keributan. Gelandang muda asal Papua itu pun diganjar kartu kuning.