Sepi Penonton, Malaysia Juara Piala AFF U-19 2018

Pemain Myanmar U-19 Nan Htike Zaw (kiri) berebut bola dengan pemain Malaysia Muhammad Zahril Azri (tengah) dalam final Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7 - 2018). (Antara / M Risyal Hidayat)
14 Juli 2018 21:48 WIB Adib Muttaqin Asfar/ Antara Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Gelar juara turnamen Piala AFF U-19 2018 jatuh ke tangan Malaysia. Tim yang bermain keras saat mengalahkan Indonesia di semifinal itu menang atas Myanmar dengan skor 4-3 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) malam.

Meski diwarnai 7 gol, pertandingan ini jauh dari kata seru karena hanya disaksikan oleh sedikit penonton di tribun stadion. Hanya sedikit suporter Malaysia yang muncul di tribun karena penonton memang hanya memadati stadion saat tim Indonesia bermain.

Tokopedia

Bahkan, sebagian penonton yang merupakan warga Indonesia justru mendukung Myanmar. Hal ini tak lepas dari tersingkirnya Indonesia karena kalah dari Malaysia di semifinal lewat adu penalti. Di channel Youtube PSSI yang menayangkan laga ini, kolom komentar diwarnai aksi saling ejek antara pendukung Indonesia dan Malaysia.

Pada babak pertama, di menit ketiga Awang Muhammad Faiz brrhasil menjebol gawang Myanmar melalui tendangan dari sisi kanan gawang yang tidak bisa ditepis oleh kiper Myanmar Zin Nyi Nyi Aung dan skor menjadi 0-1 untuk Malaysia.

Menit 18 Malaysia menggandakan gol setelah terjadi kemelut di depan gawang dan langsung di tendang Nik Akif Syahiran. Skor menjadi 0-2 untuk kemenangan Malaysia/ Baru kemudian di menit ke-24 akhirnya Myanmar berhasil mengejar ketertinggalan melalui aksi individu Wing Naing Tun melalui tendangan keras yang tidak bisa dihalau kiper Malaysia Muhammad Azri. Skor 2-1.

Tiga menit berselang, tepatnya di menit ke-27, Myanmar berhasil menyamakan kedudukan setelah tendangan Myat Kaung Khant berhasil menjebol gawang Malaysia. Skor 2-2.

Myanmar semakin menunjukkan kegigihannya setelah gol ketiga berhasil diciptakan oleh Myat Kaung Khant berhasil menjebol gawang Malaysia melalui tendangan pojok di menit ke 31. Dan skor menjadi 3-2 untuk Myanmar.

Memasuki babak kedua, pelatih Malaysia Bojan Hodak menarik keluar Ammar Akhmall dan menggantinya dengan Muhammad Zafuan. Pada menit ke-78 pemain Malaysia Shivan Pillay Asokan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah terjadi kemelut di depan gawang Myanmar. Skor menjadi 3-3.

Memasuki perpanjangan waktu, di menit 90+3 Malaysia berhasil menambah skor menjadi 4-3 usai tendangan bebas yang dilakukan oleh Nik Akif Syahiran.