Lucien Laurent, Pencetak Gol Pertama Prancis di Piala Dunia

Lucient Laurent kala masih muda. (Wikimedia.org)
15 Juli 2018 18:55 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, SOLO — Nama Lucien Laurent tentu masih asing di beberapa pasang telinga khalayak. Namun tahukah anda bahwa Lucien Laurent merupakan nama dari pemain sepak boal asal Prancis yang mencetak gol pertama untuk negaranya pada gelaran Piala Dunia pertama di Uruguay, 1930 silam?

Ya, pencetak gol pertama untuk Prancis di Piala Dunia pertama yang diadakan di Uruguay itu adalah Lucien Laurent. Berdasarkan data pada Wikipedia, Lucien Laurent merupakan pria kelahiran Saint-Maur-des-Fosses, Prancis, 1907 silam. Sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola, Laurent biasa dipasang sebagai penyerang sayap kanan.

Tokopedia

Laurent mencetak gol perdana untuk Prancis di Piala Dunia pertama pada saat melawan Meksiko di Stadion Pocitos, Montevideo, Uruguay, 13 Juli 1930 silam. Kala itu, Prancis mampu menang atas Meksiko dengan skor 4-1.

Sayang, langkah Prancis pada Piala Dunia 1930 itu terhenti di babak penyisihan. Piala Dunia pertama itu dijuarai sang tuan rumah, Uruguay.

Selama berkarier di dunia si kulit bundar, Laurent diketahui kerap pindah klub. Total ada 10 klub berbeda di Prancis yang pernah dibela Laurent sepanjang kariernya selama 25 tahun, dari 1921 hingga 1946.

Di sisi lain, Laurent merupakan satu-satunya pemain Timnas Prancis untuk Piala Dunia 1930 yang masih bisa menyaksikan negaranya membawa pulang trofi Piala Dunia pada 1998 silam saat usianya 91 tahun. Dikutip dari Telegraph, Minggu (15/7/2018), Lucien Lauret meninggal dunia pada usia 97, 11 April 2005 silam.

Kini, negara yang pernah dibela Laurent sedang menuju gelar juara Piala Dunia untuk kali kedua di Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun demikian, Kroasia sebagai lawan Prancis di Babak Final Piala Dunia 2018 juga tak bisa diremehkan.

Apakah Prancis mampu mengalahkan Kroasia dan meraih gelar juara Piala Dunia 2018? Kita nantikan saja dan simak pertandingannya.