Final Piala Dunia 2018: Prancis Ungguli Kroasia 2-1 di Babak Pertama

Striker Prancis, Antoine Griezmann, merayakan gol ke gawang Kroasia. (Reuters - Maxim Shemetov)
15 Juli 2018 22:46 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Laga dramatis tersaji di Final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow, Rusia, Minggu (15/7/2018). Kroasia memberi perlawanan sengit dengan mencetak satu gol, sementara Prancis mencetak dua gol yang diawali kesalahan pemain tim lawan.

Prancis unggul lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic di menit 18 dan Antoine Griezmann di menit 38. Gol balasan Kroasia diciptakan Ivan Perisic di menit 18.

Babak Pertama

Kedua tim bermain pelan dan hati-hati di awal laga karena tidak ingin kecolongan gol terlebih dahulu. Setelah lima menit pertama, Kroasia mulai mengambil alih serangan yang dimotori playmaker, Luca Modric. Kroasia mencoba menggempur pertahanan Prancis yang digalang Raphael Varane lewat sisi sayap yang diisi Ivan Perisic dan Ante Rebic. 

  • Duel gelandang bertahan Prancis, N'Golo Kante, dan playmaker Kroasia, Luca Modric. (Reuters)

Di 15 menit pertama, Kroasia lebih sering mengambil inisiatif serangan dan bahkan menguasai bola hingga 66,7 persen. Kroasia tetap mengandalkan serangan sayap, dengan Strinic lebih sering memimpin serangan di sayap, dan Ivan Perisic lebih menusuk ke kotak penalti.

Prancis baru coba berinisiatif serangan dengan menguasai bola di menit ke-17 dan langsung menghasilkan gol pertama.

Berawal dari pelanggaran Marcelo Brozovic pada Antoine Griezmann di luar kotak penalti, Prancis mendapatkan tendangan bebas.

Griezmann mengambil tendangan bebas itu, dan bola justru menyentuh kepala Mandzukic yang membelakangi gawang. Bola meluncur deras dan tidak bisa dihentikan oleh Danijel Subasic.

  • Striker Kroasia, Mario Mandzukic, membuat arah bola  berubah dan masuk ke gawang sendiri. (Reuters)

Dalam posisi ketinggalan, Kroasia kembali meningkatkan serangan dan akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan lewat Perisic.

Gol ini berawal dari tendangan bebas Luka Modric dari tengah lapangan yang diarahkan ke kotak penalti. Bola sempat berpindah kaki di antara pemain Kroasia beberapa kali sebelum Domagoj Vida dalam posisi membelakangi gawang memberikan bola kepada Perisic yang berposisi di tepi kotak penalti.

Perisic dengan tendangan keras kaki kirinya kemudian mengirimkan bola ke gawang Hugo Lloris.

  • Aksi cerdik Ivan Perisic berbuah gol. (Reuters)

Di menit ke-36, Prancis mendapatkan penalti setelah Perisic menyentuh bola dengan tangannya. Wasit Nestor Pitana dari Argentina sempat berkonsultasi menggunakan VAR untuk mengambil keputusan, tapi tetap menunjuk titik putih.

Griezmann yang didaulat jadi algojo berhasil mengirimkan bola dengan tenang ketika Subasic sudah melompat terlebih dahulu ke arah kanan.

Dalam kondisi ketinggalan, Kroasia lalu bermain ngotot untuk mendapat gol penyama kedudukan. Mereka sempat mengancam lewat umpan silang Perisic dari kiri di menit ke-40. Tapi Ante Rebic gagal untuk menyambut bola, sementara Manduzkic terlalu lama bergerak untuk menyambar.

  • Penalti Antoine Griezmann. (Reuters)

Prancis memasuki jeda turun minum dengan keunggulan 2-1.

Susunan pemain Prancis vs Kroasia;

Prancis (4-3-2-1): Kiper: Hugo Lloris; Bek: Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard; Gelandang: Paul Pogba, N'Golo Kante; Blaise Matuidi, Kylian Mbappe, Antoinne Griezmann; Striker: Olivier Giroud

Kroasia (4-2-3-1): Kiper: Danijel Subasic; Bek: Damagoj Vida, Dejan Lovren, Ivan Strinic, Sime Vrsaljko; Gelandang: Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic, Luca Modric, Ivan Perisic; Striker: Mario Mandzukic