Profil 6 Pemain Muslim Timnas Prancis di Piala Dunia 2018

Ngolo Kante (kiri). (Reuters/Damir Sagolj)
16 Juli 2018 18:50 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, SOLO — Prancis mampu menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 pada partai final di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (16/7/2018) malam WIB. Para pemain Prancis pun kini sedang dipuja bak pahlawan di negara mereka setelah mampu membawa pulang trofi Piala Dunia.

Di antara skuat juara Piala Dunia 2018 itu, ada beberapa pemain yang merupakan seorang muslim. Tercatat ada enam pemain muslim di antara 23 pemain Timnas Prancis yang menjadi bagian dari skuat juara Piala Dunia 2018 itu.

Berikut nama-nama pemain muslim yang ada di skuat Prancis juara Piala Dunia 2018:

1. Paul Pogba

Paul Pogba. (Reuters-Carl Recine)

Siapa yang tak kenal Paul Pogba? Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut memiliki peran penting dalam upaya prancis meraih gelara juara Piala Dunia. Pasalnya, mantan pemain Juventus yang kini membela Manchester United itu mampu melesakkan gol ketiga bagi Prancis ke gawang Kroasia pada partai final di menit ke-59.

Sepanjang gelaran Piala Dunia 2018, Pogba memang hanya mencetak satu gol. Namun demikian, gol Pogba tersebut sangat penting lantaran dicetak pada partai pamungkas.

2. N’Golo Kante

N'Golo Kante. (Reuters-Damir Sagolj)

N'Golo Kante menjadi salah satu pemain muslim yang mampu menembus skuat utama Prancis di Piala Dunia 2018. Pelatih Prancis, Didier Deshamps, mempercayai N'Golo Kante untuk mengisi pos gelandang bertahan di sekuatnya.

Meski tak mencetak satu pun gol, kontribusi Kante kepada Timnas Prancis dalam meraih gelar juara Piala Dunia 2018 itu cukup besar. Bahkan legenda sepak bola Inggris Garry Lineker menyebut Ngolo Kante merupakan pemain terbaik di Piala Dunia 2018. Sayangnya, pemain yang kini masih terikat kontrak dengan Chelsea itu gagal mendapatkan gelar pemain terbaik di Piala Dunia 2018.

3. Nabil Fekir

Nabil Fekir. (Reuters-Charles Platiau)

Nabil Fekir sedikit banyak juga menyumbangkan kontribusinya kepada Timnas Prancis dalam meraih titel kedua juara Piala Dunia. Pada pertandingan final melawan Kroasia, Fekir yang menjadi pemain cadangan dimasukkan pada menit ke-81 menggantikan Oliver Giroud. Sayang, pada kesempatan itu Fekir belum bisa mencetak gol.

Nabil Fekir merupakan gelandang serang yang kini masih berstatus sebagai pemain Lyon. Di klub tersebut, salah satu pemain muslim Timnas Prancis tersebut dipercaya sebagai kapten.


4. Adil Rami

Adil Rami. (Reuters-Kai Pfaffenbach)

Adil Rami merupakan pemain bergama Islam selanjutnya yang dipercaya Didier Deschamps untuk memperkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2018. Namun Adil Rami tak diberi kesempatan bermain pada partai final melawan Kroasia.

Padahal saat bermain untuk Marseille, Rami yang biasa menempati posisi bek tengah cukup sering dipercaya. Pada musim 2017-2018 di Marseille, Rami telah tampil 33 kali dan telah mencetak satu gol di Liga Prancis.


5. Djibril Sidibe

Djibril Sidibe. (Reuters-Tatyana Makeyeva)

Djibril Sidibe adalah bek kanan yang membela AS Monaco sejak 2016. Sejak 2016 pula, nama Djibril Sidibe kerap kali mewarnai skuat Timnas Prancis.

Meski masuk dalam daftar skuat besutan Didier Deschamps, pria berkepala plontos itu sama sekali tak mendapatkan menit bermain di ajang Piala Dunia. Sidibe disebut-sebut kalah saing dengan Benjamin Pavard sehingga harus puas menghangatkan bangku cadangan sepanjang Piala Dunia 2018 di Prancis.


6. Benjamin Mendy

Benjamin Mendy. (Reuters-Gleb Garanich)

Satu lagu pemain Timnas Prancis yang merupakan seorang muslim, yakni Benjamin Mendy. Sama dengan Rami dan Sidibe, Mendy juga tak berkesempatan unjuk gigi di laga final Piala Dunia 2018. Meski demikian, pria 23 tahun tersebut turut larut di tengah lapangan setelah wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan final Piala Dunia 2018 yang dimenangi Prancis.

Benjamin Mendy merupakan bek kiri yang terikat kontrak dengan salah satu raksasa di Inggris, Manchester City, sejak 2017 lalu. Ia juga dipercaya menjadi bagian dari skuat Timnas Prancis dari 2017 silam.

Itu adalah beberapa pemain muslim yang menjadi bagian dari Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018. Prancis memang dikenal sebagai negara dengan penduduk yang beraneka ragam, termasuk agamanya. Hal itu membuktikan bahwa Prancis mampu menunjukkan kekompakan mereka di Piala Dunia 2018 tanpa memandang agama yang dianut para pemainnya.