Skuat Juara Prancis Siap Berkokok Lagi di Piala Dunia Qatar

Prancis (Reuters/Christian Hartmann)
17 Juli 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Dua puluh enam tahun lebih satu bulan adalah rata-rata usia skuat Prancis saat menapaki persaingan Piala Dunia 2018. Hanya Nigeria yang memiliki rataan pemain dengan usia lebih muda di Rusia yakni 25 tahun lebih sembilan bulan. Namun darah muda itu justru mampu membawa Tim Ayam Jantan meraih gelar kedua Piala Dunia mereka setelah mengempaskan Kroasia dengan skor 4-2.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, cuma Brasil yang mampu mengangkat trofi dengan rataan usia lebih muda dibanding Prancis. Hal itu terjadi di Piala Dunia 1970 ketika skuat Selecao rata-rata berusia 25 tahun lebih sembilan bulan.

Tokopedia

Siapa yang meragukan Kylian Mbappe, pemuda 19 tahun yang sukses menyumbang empat gol dalam Piala Dunia perdananya bagi Les Bleus. Dia juga menyumbang sebiji gol melawan Kroasia yang menjadikannya pemain termuda kedua yang mampu menjebol gawang lawan di final.

Jangan lupakan pula jenderal lini tengah, Paul Pogba, yang baru berusia 25 tahun. Meski sempat dikritik di awal kompetisi, Pogba toh mampu menjawab semuanya dengan penampilan konsisten hingga mencetak satu gol di babak final. Sejumlah pilar lain seperti Benjamin Pavard, Lucas Hernandez hingga Samuel Umtiti bahkan baru berusia 20-an tahun.

Itu belum termasuk wonderkid yang siap melesat di kompetisi selanjutnya seperti Thomas Lemar, Ousmane Dembele serta Presnel Kimpembe yang masih berumur 22 tahun ke bawah. Didier Deschamps adalah otak di balik peremajaan skuat Les Bleus. Dengan berani, dia hanya membawa dua pemain di atas 30 tahun untuk bermain di Rusia (Olivier Giroud dan Blaise Matuidi) untuk mendampingi amunisi mudanya.

“Luar biasa. Ini adalah tim muda yang berada di puncak dunia. Beberapa di antara mereka pernah juara pada usia 19 tahun,” ujar Deschamps seperti dilansir ESPN, Senin (16/7/2018).

Jika melihat rata-rata penggawa Les Bleus saat ini, generasi berprestasi Deschamps berpeluang berlanjut ke Euro 2020 bahkan Piala Dunia 2022 di Qatar. Di Piala Dunia selanjutnya, usia pemain seperti Pavard, Hernandez dan Dembele masih berusia di bawah 27 tahun atau usia emas pesepakbola. Mbappe bahkan baru berumur 24 tahun jika tampil di Qatar.

Deschamps pun menantang striker Paris Saint Germain itu untuk memboyong kembali gelar Piala Dunia. Ini jelas bukan misi mudah bagi Mbappe. Sebelumnya David Trezeguet dan Thierry Henry tak pernah berhasil menjadi juara dua kali meski mereka baru berusia 20 tahun ketika memboyong trofi 1998.