Piala Soeratin U-17: Gebuk Persak, Persis Solo Junior Puncaki Klasemen

Persis Junior (Solopos/Nicolous Irawan)
17 Juli 2018 23:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLOPersir Solo Junior (Jr) memetik kemenangan tipis 2-1 atas tamunya Persak Kebumen Jr di laga kedua Grup 4 Piala Soeratin U-17 di Stadion Sriwedari Solo, Selasa (17/7/2018). Dengan kemenangan itu, Persis Jr kini bertengger di puncak klasemen sementara dengan raihan 4 poin.

Bertanding di hadapan sekitar 700 pendukungnya sendiri, Persis Jr sudah tampil menekan sejak peluit kick off dibunyikan. Peluang pertama datang dari sang kapten Jujan Seto Prihartanto di awal babak pertama. Pemain bernomor punggung 18 itu nyaris membuka keunggulan Persis Jr dengan cara yang apik andai eksekusi sepakan pojoknya tidak membentur mistar gawang.

Tampil terus menekan justru membuat Persis Jr kebobolan pada menit ke-14. Lewat skema serangan balik, Persak Kebumen Jr mampu membuka keunggulan melalui sepakan Heri Kurniawan. Sebelum mencetak gol, Heri memanfaatkan blunder pemain belakang Persis Jr yang gagal mengantisipasi bola atas.

Namun, Persis Jr hanya butuh waktu lima menit untuk menyamakan kedudukan. Gol bagi Persis Jr diciptakan pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri yakni Sofyan Fadillah Azzuhri. Mendapat umpan tarik dari sayap kanan, Sofyan melepaskan sepakan kaki kiri mendatar yang merobek jala Persak Kebumen. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persis Jr tetap tampil menguasai jalannya pertandingan. Gol kemenangan bagi Persis Jr dicetak oleh pemain pengganti Wahyu Cahyanto. Mendapat umpan matang dari rekannya, Wahyu yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan tak membuang peluang untuk mencetak gol pada menit ke-60. Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada tambahan gol yang tercipta. Kemenangan ini menjadi bekal berharga bagi Persis Jr untuk menjamu PSIK Klaten Jr pada Rabu (25/7/2018) mendatang.

“Kami bersyukur dengan kemenangan ini. Tapi, kami belum puas dengan penampilan anak-anak. Hari ini anak-anak belum bermain dengan determinasi tinggi. Mungkin karena masa recovery yang terlalu pendek karena pada Minggu [15/7] mereka masih bermain di Magelang,” ujar Pelatih Persis Solo Jr Yudi Sumarwanto saat ditemui wartawan seusai pertandingan.

Sementara itu, Manajer Persak Kebumen, Ali Muin, mengakui timnya masih lemah di sektor lapangan tengah. Meski begitu, dia mengakui timnya sudah bisa mengimbangi kemampuan fisik dari para pemain Persis Jr. “Hari ini kami belum beruntung. Saya ucapkan selamat kepada Persis Jr atas kemenangan ini. Kami akan perbaiki kelemahan kami jelang laga kedua menghadapi PSISra Jr di Sragen pada Minggu [22/7] nanti,” jelas Ali Muin.