Brasil Gagal di Piala Dunia 2018, Kaka: Jangan Cuma Salahkan Neymar!

Striker Brasil, Neymar Jr. yang berulang kali gagal menembus pertahanan Kosta Rika. (Reuters - Carlos Garcia Rawlins)
18 Juli 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Brasil gagal meraih gelar juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim Samba hanya sampai pada babak perempatfinal. Padahal, mereka adalah salah satu tim yang difavoritkan.

Brasil terhenti di perempatfinal setelah tumbang dari Belgia dengan skor 2-1. Mereka lantas mendapat sejumlah kritikan lantaran gagal memanfaatkan peluang untuk menjadi gol. Ya, di Piala Dunia 2018 Brasil seperti kesulitan mencetak gol. Padahal, anak asuh Tite itu mampu menciptakan banyak peluang berbahaya.

Tokopedia

Neymar dkk. pun lebih banyak menentukan pertandingan melalui gol di menit-menit akhir. Hal itu sudah terlihat sejak fase grup. Selain tim, sejumlah individu pun mendapat kritik. Neymar salah satunya yang dianggap gagal mengangkat performa tim dan lebih banyak "berakting" di lapangan.

Eks penggawa Timnas Brasil, Kaka, menyebut tak ada yang perlu disalahkan dalam kegagalan Brasil. Menurut mantan pemain AC Milan dan Real Madrid itu, Brasil telah menunjukkan performa yang bagus. Dia juga menganggap Neymar tak patut disalahkan dalam hal ini.

"Mencari-cari siapa yang disalahkan adalah sesuatu yang tidak terlalu saya setujui. Brasil kalah. Bukan Neymar yang kalah. Timnas Brasil tersingkir di perempatfinal," ujar Kaka seperti dikutip dari Omnisport, Rabu (18/7/2018).

"Respons terhadap semua yang dia lakukan tidak seimbang. Ketika dia melakukan hal bagus, itu jadi sangat besar. Dan ketika sesuatu yang tak terlalu bagus terjadi, itu juga jadi besar. Dia, sebagai pria 26 tahun, harus mengelola semua ini. Saya pikir dia baik-baik saja. Banyak yang mengkritik Neymar jauh lebih tua dan lebih dewasa daripada Neymar saat ini."

"Menghadapi semua situasi yang dia hadapi. Saya penggemar Neymar dan itu bicara soal dirinya sebagai selebritis. Sebagai seorang atlet, dia adalah pemain yang istimewa," tutup Kaka.