Efek Domino Alisson ke Liverpool, Roma Incar Donnarumma

Alisson Becker (Reuters/Max Rossi)
19 Juli 2018 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Liverpool mengajukan tawaran resmi untuk kiper AS Roma, Alisson Becker. Tak tanggung-tanggung, Liverpool mengajukan tawaran senilai 67 juta poundsterling (Rp1,25 triliun) untuk memboyong Alisson ke Anfield.

Jika transfer terwujud, Alisson pun akan menjadi kiper termahal dunia. Dia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang kiper Manchester City Edison Moraes. The Citizens menebus Edison dari Benfica senilai 35 juta poundsterling (Rp658,3 miliar). Hal ini membuat transfer-transfer harga kiper senilai striker pun bermunculan.

Tokopedia

Kiper “seharga striker” sepertinya juga akan terjadi apabila kiper Chelsea, Thibaut Courtois, hengkang ke Real Madrid. Seperti dilansir Bleacherreport.com, Madrid disebut-sebut sepakat dengan fee untuk membeli Courtois. Meski harganya tidak semahal Alisson, Madrid harus merogoh kocek sekitar 31 juta poundsterling (Rp581,9 miliar) demi penjaga gawang Timnas Belgia tersebut.

Tapi, Chelsea tidak akan melepas eks kiper Atletico Madrid itu sebelum mendapat pengganti. Klub milik taipan Rusia, Roman Abramovich, tersebut membidik sejumlah pengganti Courtois, mulai dari Alisson; kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, kiper Leicester City, Kasper Schmeichel, hingga meminta kiper Arsenal, Petr Cech, balik kucing ke Stamford Bridge.

Tapi Cech dan Schmeichel menjadi buruan paling realitis bagi klub asal London Barat tersebut. Arsenal sudah mendapat kiper baru di musim panas ini dengan menggaet Bernd Leno dari Bayer Leverkusen senilai 20 juta poundsterling (Rp375,75 miliar).

Jika Alisson jadi pindah ke Liverpool dan Courtois benar-benar hijrah ke Madrid, maka transfer tersebut akan memberi efek domino. Roma harus mencari penggati Alisson, begitu juga dengan Chelsea yang harus mencari penggati Courtois.

Jika Chelsea sudah memasang sejumlah nama, Roma dikabarkan memburu tanda tangan Donnarumma. Roma dikabarkan rela melepas Alisson ke Liverpool, asalkan mereka sudah mencapai kesepakatan mendapatkan kiper berusia 19 tahun dari Milan tersebut.