Piala Dunia 2018 Bikin Tur Pramusim Kurang Greget

Chelsea vs Manchester United (Reuters/David Klein)
19 Juli 2018 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, CALIFORNIA - “Prasmusim yang sangat buruk”. Begitulah komentar sinis Manajer Manchester United, Jose Mourinho, di sela-sela tur pramusim timnya ke Amerika Serikat.

Mourinho kecewa berat pramusim kali ini tidak bisa dijadikan persiapan maksimal menghadapi musim kompetisi baru 2018/2019. Itu karena pelatih asal Portugal tidak bisa membawa sejumlah pilar yang masih berlibur seusai membela negara masing-masing di Piala Dunia 2018.

Tokopedia

Setidaknya, ada lima pemain Setan Merah, julukan United, yang absen di tur pramusim bertajuk International Champions Cups (ICC) 2018 di Negeri Paman Sam, akhir Juli hingga Agustus nanti. Mereka adalah Paul Pogba, Romelu Lukaku, Marcus Rashford, Marouane Fellaini, dan Phil Jones. United juga tidak bisa diperkuat Alexis Sanchez yang terbentur masalah visa.

“Saya khawatir karena saya tidak bisa berlatih dengan semua para pemainku,” lanjut Mourinho, seperti dilansir AP, Kamis (19/7/2018).

Tentu bukan hanya United yang kecewa karena tidak bisa membawa serta pilar mereka. Fans di Amerika Serikat juga kecewa karena tidak bisa menyaksikan seluruh bintang pujaan mereka. Negeri Paman Sam masih menjadi destinasi utama klub-klub elite Eropa untuk menggelar tur pramusim. Pada ICC tahun ini, diikuti 18 klub Eropa, di antaranya United, Real Madrid, Barcelona, Juventus, Liverpool, AC Milan, dan Paris Saint Germain (PSG).

Turnamen tidak hanya digelar di Negeri Paman Sam, namun juga beberapa negara Eropa, hingga Asia seperti Singapura. Antusias pendukung klub-klub tersebut dalam tur pramusim di Amerika hingga Asia terbilang tinggi. Itu bisa dilihat dari jumlah penonton laga-laga ICC yang dibanjiri penonton. Seperti dilansir Totalsportek.com, duel Real Madrid versus Manchester United dalam laga ICC di Michigan, Amerika Serikat, pada 2013 lalu, mampu menyedot 110.000 penonton.

Duel yang mempertemukan dua klub dengan basis penggemar tertinggi di dunia tersebut pun akan terulang di ICC tahun ini. United akan berjumpa Real Madrid di Hard Rock Stadium, Miami Gardens, 31 Juli 2018 mendatang. Bukan hanya United, Real Madrid juga belum bisa menurunkan sederet pemain bintang yang bermain di Piala Dunia 2018, seperti Luka Modric, Toni Kroos, hingga Raphael Varane.