Persika Karawang Tengah Limbung, Kans Persis Solo Raih Poin

Para pemain Persis Solo merayakan gol (Twitter/persisofficial)
19 Juli 2018 13:55 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, KARAWANGPersis Solo mendapat “kabar baik” jelang laga tandang melawan Persika Karawang di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Kamis (19/7/2018) sore WIB. Tuan rumah tengah memasuki fase kelam setelah sang pelatih, Ricky Nelson, bersama dua asistennya, Basri Badusalam dan Febi Aji, mengundurkan diri dari tim akhir pekan lalu.

Kondisi tersebut jelas amat tidak menguntungkan bagi Laskar Jawara, julukan Persika, yang tengah berupaya keluar dari papan bawah. Poin mereka kini bahkan hanya berjarak satu dengan Persik Kendal yang berada di zona degradasi.

Sebaliknya, moral Persis sedang bagus-bagusnya setelah meraih empat kemenangan beruntun di Liga 2. Terakhir, Tri Handoko dkk. menghantam Persibat Batang dengan skor 2-1 di Stadion Manahan. Hasil tersebut membuat Laskar Sambernyawa kukuh di posisi kedua klasemen wilayah barat dengan 18 poin dari delapan pertandingan.

Jomplangnya situasi tersebut membuat Persis diprediksi bisa meraih kemenangan tandang keduanya musim ini. Meski top scorer tim Azka Fauzi harus diparkir karena cedera hamstring, Persis masih terlalu tangguh dibanding Persika yang hanya mencetak satu kemenangan dari tujuh laga terakhirnya.

Namun Pelatih Persis, Jafri Sastra, menolak jemawa meski tim lawan sedang babak belur dilanda problem internal. “Kami tak berpikir tuan rumah ada persoalan atau sebagainya. Kami hanya memikirkan bagaimana memenangi laga besok,” ujar Jafri saat dihubungi Solopos.com, Rabu (18/7/2018).

Skuat Persis memang patut waspada. Meski tengah berkutat di papan bawah, Persika baru saja membenamkan PSIR Rembang dengan skor 2-1 di bawah kepemimpinan terakhir Ricky Nelson. Dua musim lalu, Laskar Sambernyawa juga tak berdaya di markas Persika setelah ditaklukkan dengan skor 0-2.

Persika patut berharap pada sosok Rudiyana untuk menjebol gawang Persis. Top scorer Persis musim lalu itu sejauh ini sudah mencetak tiga gol bagi Laskar Jawara. Terakhir Rudiyana mencetak gol saat Persika dibekuk Aceh United awal Juli lalu.

Kekuatan tuan rumah juga bisa bertambah dengan kembalinya striker muda Aji Kusuma setelah membela Timnas U19 di Piala AFF U19 di Sidoarjo. Kondisi tersebut membuat kartaker Persika, Robi Mareiyana, tetap optimistis bisa meraih poin penuh di kandang sendiri. Robi menegaskan para pemain sudah siap tempur menghadapi Persis yang tengah on fire.

“Kami tetap tidak boleh kehilangan poin. Insya Allah pemain tidak terbebani meski tanpa pelatih kepala,” ujarnya.