Agresif di Bursa Transfer, Liverpool Berambisi Bentuk Skuat Tanpa Cacat

Liverpool merayakan gol (Reuters/Phil Noble)
21 Juli 2018 16:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LIVERPOOL - Manajer Liverpool, Jugen Klopp, pantas berbunga-bunga saat menengok skuatnya untuk musim 2018/2019.

Liverpool akhirnya resmi mendapatkan Alisson Becker dari AS Roma. Kiper Timnas Brasil itu memecahkan rekor transfer penjaga gawang di dunia dengan harga 65 juta poundsterling (Rp1,2 triliun). Liverpool kini tak hanya garang di lini depan. Mereka juga digadang-gadang bakal menunjukkan pertahanan yang solid dengan masuknya Alisson ke Anfield.

Sudah menjadi rahasia umum, pertahanan menjadi titik lemah tim berjuluk The Reds musim lalu. Revolusi lini belakang sebenarnya sudah dilakukan Liverpool sejak pertengahan musim lalu.

Dimulai pada Jumat, 22 Desember 2017. Liverpool mengalami roller coaster dalam tempo 90 menit melawan Arsenal. The Reds yang sempat memimpin dua gol dalam lima menit tersisa, dibuat tercengang karena Arsenal bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3 akibat keteledoran pertahanan mereka.

Bek Southampton, Virgil van Dijk, didatangkan dengan banderol sekitar 71 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) pada bursa transfer Januari 2018 lalu. Van Dijk membuat jantung pertahanan The Reds lumayan membaik sehingga mereka lolos ke final Liga Champions. Namun, kiper Loris Karius, membuat impian Liverpool menambah koleksi trofi Liga Champions mereka menjadi buyar karena blundernya saat melawan Real Madrid di babak final.

Kedatangan Alisson menggeser Karius sebagai kiper utama The Reds membuat Klopp merasa lega. Apalagi, sebelumnya The Reds juga resmi menggaet gelandang bertahan dari AS Monaco, Fabinho, dengan mahar 40,5 juta poundsterling (Rp758,1 miliar). Apabila ditotal, Liverpool telah mengeluarkan total sekitar 180 juta poundsterling (Rp3,4 triliun) untuk merevolusi pertahanan mereka dengan membeli Van Dijk, Fabinho, dan Alisson.

Kini, skuat Liverpool terlihat nyaris sempurna. Di lini depan, mereka memiliki trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Mereka masih memiliki pelapis, Xherdan Saqiri, yang dibeli dari Stoke City senilai 13,1 juta poundsterling (Rp249 miliar) di sayap kanan.

Sedangkan di barisan gelandang, kapten Jordan Henderson mendapat rekan baru, Naby Keita yang didatangkan dari RB Leipzig seharga 54 juta poundsterling (Rp1,01 triliun). Kabar berembus, Liverpool masih terobsesi mendatangkan gelandang serang, Nabil Fekir, musim panas ini. Pemain yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis tersebut dibanderol klubnya, Lyon, senilai 60 juta poundsterling (Rp1,13 triliun).

"Saya tidak tahu [apakah akan membeli Fekir]. Lihat saja nanti. Kami sudah punya segalanya untuk musim depan, karena saya mengira kami tidak akan bisa melakukan segalanya di bursa transfer," ujar Klopp, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (20/7/2018).

Jika dibandingkan tim-tim pesaing mereka, Liverpool sejauh ini paling agresif di bursa transfer musim panas ini. The Reds telah mengucurkan dana sekitar 162 juta poundsterling (Rp3 triliun) untuk menggaet Alisson, Fabinho, Keita, dan Shaqiri.

Jumlah itu hanya sekitar separuh dari uang yang sudah dikeluarkan Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Arsenal untuk belanja pemain. Bahkan, Tottenham Hotspur belum membeli satu pun pemain anyar musim panas ini.