Menjanjikan! Winger Muda MU Ini Bikin Mourinho Berbunga-bunga

Tahith Cong (Twitter)
21 Juli 2018 19:30 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, GLENDALE - Jose Mourinho terbilang jarang memberikan pujian pada pemainnya, apalagi pemain muda. Striker sekelas Marcus Rashford saja masih sering dikritik Mou jika bermain angin-anginan di lapangan hijau.

Namun pemandangan berbeda terjadi setelah Manchester United menjalani laga pramusim perdana melawan Club America di University of Phoenix Stadium, Glendale, Amerika Serikat, Jumat (20/7/2018). Mou tampak terkesan pemain berambut keriwil yang beroperasi sebagai winger kanan.

Meski hanya bermain setengah jam di babak kedua menggantikan Anthony Martial, sosok bernama Tahith Chong sukses menampilkan performa gemilang saat menyerang. Umpan-umpan silang dan gocekan pemain yang baru berusia 18 tahun ini membuat Mou sulit untuk tidak memberi pujian. “Aksi umpan silangnya untuk gol adalah sebuah aksi yang indah. Dia bersemangat dan bermain dengan percaya diri,” ujar Mou dalam sesi jumpa pers seusai laga, seperti dilansir Express, Jumat.

Nama Tahith Chong mungkin belum banyak dikenal penikmat sepak bola Eropa. Wajar saja, ini kali pertama Mourinho menyertakan pemain kelahiran Willemstad, Belanda itu, dalam tur pramusim. Meski baru kali pertama bermain bersama tim senior, winger yang didatangkan dari Feyenoord pada 2016 itu tak canggung saat bahu membahu dengan Juan Mata di formasi 4-3-3.

Setelah Chong masuk, MU mampu menyamakan skor lewat Mata di menit ke-78 setelah sebelumnya tertinggal 0-1 di awal babak kedua. Gol itu bermula dari umpan tarik Chong pada Ander Herrera yang kemudian diselesaikan Mata menjadi gol. “Dia membuat bola bergerak dan menyerang orang satu lawan satu. Dia punya kualitas, dia anak yang bagus,” tutur Mourinho.

Kemampuan Chong sudah tertempa sejak musim lalu saat dia mampu mencetak tujuh gol dari 20 penampilan di Liga Premier Inggris U-18. Berkat capaian itu, Chong mendapatkan penghargaan Jimmy Murphy Young Player of The Year. Dia juga tampil memikat saat membela tim U-23 MU.

Fans Setan Merah langsung berekspektasi tinggi dengan menganggap Chong sebagai alternatif solusi di lini depan tim. “Chong di sayap kanan lebih baik dari semua pemain yang menempati posisi itu dua tahun terakhir,” puji pemilik akun twitter Nik. “Siapa butuh Gareth Bale ketika Anda punya Chong?,” timpal Ricky S. lewat akun twitter-nya.

Namun pemain yang ditemukan Pelatih MU U-18, Kieran McKenna, ini bukannya tak punya kelemahan. Mou menyoroti fisik pemain yang masih ringkih. “Dia memiliki keterbatasan fisik. Saat dia bersentuhan, dia kalah dengan siapapun. Namun dia datang dengan niat menunjukkan kualitasnya, saat kami tak memiliki striker di lapangan.” Chrisna Chanis Cara