PSIR Rembang Vs Persis Solo: Jangan Lepas Peluang Singgasana Sambernyawa!

Pemain Persis Solo merayakan gol Eli Nasoka ke gawang Persik Kendal di Stadion Utama Bahurekso, Senin (9/7/2018). (Istimewa - ofisial Persis Solo)
25 Juli 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, REMBANG – Hanya keledai yang terperosok dua kali ke lubang yang sama. Peribahasa itu agaknya bisa menjadi pemantik semangat Persis Solo saat bertandang ke markas PSIR Rembang di Stadion Krida, Rembang, Rabu (25/7/2018) sore WIB.

Melawan tim yang sedang berada di zona merah, Persis pantang melepas tiga poin untuk mengudeta Semen Padang di puncak klasemen Grup Barat Liga 2. Ya, Laskar Sambernyawa berada di situasi yang hampir mirip seperti pekan lalu.

Saat itu Persis berpeluang mengambilalih klasemen dari Semen Padang setelah sang rival takluk 0-1 dari Perserang Serang. Namun M. Wahyu dkk. membuang peluang itu begitu saja setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Persika Karawang yang sedang babak belur didera problem internal.

Kini Persis kembali berpeluang merebut singgasana klasemen setelah Kabau Sirah, julukan Semen Padang, ditahan PSPS Riau 1-1 di Stadion Agus Salim, Padang, Selasa (24/7/2018). Jika berhasil meraih tiga poin atas PSIR, poin Persis dan Semen Padang bakal identik yakni 22. Namun Persis lebih berhak menjadi nomor wahid karena unggul selisih gol.

Kondisi PSIR sebenarnya hampir mirip dengan Persika yakni tenggah didera problem internal. Hal tersebut membuat Laskar Dampo Awang, julukan PSIR, hanya mampu mencatat dua kemenangan di 10 laga musim ini. PSIR bahkan disingkirkan klub Liga 3, PSIP Pemalang, di Piala Indonesia lewat adu penalti 12 Juli 2018 lalu.

Namun bek kiri Persis, Soni Setiawan, mengaku tak terpengaruh dengan kondisi minor tuan rumah. Dia menilai PSIR bisa menjadi batu penghalang seperti Persika jika tim tak all out memburu kemenangan. “Fokus kami hanya untuk membawa tiga poin ke Solo,” ujar Soni saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Upaya Persis mencuri poin penuh di Rembang tak akan mudah setelah Iqbal Samad dipastikan absen karena cedera. Sejauh ini eks pemain PSM Makassar itu tak tergantikan di sektor bek kanan Persis. Lubang tersebut bisa dimanfaatkan winger kiri PSIR, Efendi “Bendot”, yang tengah on fire seusai mencetak gol semata wayang PSIR saat menaklukkan Persik Kendal pekan lalu.

“Saya sudah menyiapkan Oky Derry atau Dedi Tri Maulana. Nanti kita lihat mana yang lebih siap,” ujar Pelatih Persis, Jafri Sastra.

Top scorer Persis, Azka Fauzi, kemungkinan juga belum akan diturunkan sejak menit pertama lantaran baru saja sembuh dari cedera hamstring. Jafri masih terus memantau kondisi eks striker Bali United itu hingga jelang pertandingan. Kehadiran Azka memang diharapkan untuk mendongkrak performa serangan Persis.

Saat Azka absen, terbukti Persis gagal mencetak gol saat bertandang ke Karawang. “Kondisi Azka tadi sudah cukup bagus. Kita lihat sampai besok pagi [Rabu] apakah dia bisa menjadi starter atau tidak.”

Lebih jauh Persis perlu mewaspadai lapangan bergelombang di Stadion Krida. Kondisi lapangan yang buruk bisa membuat permainan kaki ke kaki Eli Nasoka dkk. mandek. Laskar Sambernyawa juga harus melawan kutukan tak pernah menang saat bertandang ke markas PSIR 10 tahun terakhir.