ICC 2018: Berkat Penalti Mane, Liverpool Bekuk Manchester City

Sadio Mane (Reuters/Alberto Lingria)
26 Juli 2018 10:10 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, EAST RUTHERFORD -- Dua klub besar asal Inggris, Manchester dan Liverpool bertemu di laga International Champions Cup (ICC) 2018 di Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat (AS), Kamis (26/7/2018) pagi WIB. Pada pertandingan tersebut, Liverpool mampu menundukkan Manchester City dengan skor 2-1.

Padahal, Manchester City mampu menguasai pertandingan sejak awal. Bahkan klub besutan Pep Guardiola tersebut mampu menciptakan peluang di menit ke-12 melalui kaki Lukas Nmecha meski sepakan kerasnya masih mampu diamankan Loris Karius.

Selama 30 menit pertama, Liverpool terus-menerus mendapatkan tekanan dari para penyerang Manchester City dari berbagai sisi. Namun tembok pertahanan Liverpool yang masih kokoh belum mampu dijebol Manchester City.

Baru pada menit ke-41, Liverpool memiliki peluang emas setelah Nathaniel Clyne mengirimkan umpan crossing yang disambut Curtis Jones dengan sundulannya. Sayang, tandukan Jones masih melebar tipis di atas mistar gawang Manchester City. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Babak kedua berlangsung tak jauh berbeda dengan babak pertama. Manchester City lebih menguasai pertandingan. Di sisi lain, Liverpool dengan berani memasukkan kiper muda Caoimhin Kellehe untuk menggantikan Loris Karius.

Babak kedua baru berlangsung 10 menit saat bek Liverpool, Virgil Van Dijk, menceploskan bola ke dalam gawang Manchester City. Sayangnya, ia sudah dianggap dalam posisi off-side sehingga golnya tak sah.

Selang satu menit kemudian, Liverpool yang mulai asyik menyerang justru kecolongan gol lewat serangan balik anak-anak asuh Pep Guardiola. Leroy Sane yang lolos dari jebakan off-side mampu melesakkan bola ke gawang Liverpool yang dijaga Caoimhin Kellehe.

Saat sudah tertinggal, anak-anak asuh Jurgen Klopp justru baru mampu keluar menyerang. Mohamed Salah yang masuk setelah Liverpool teringgal satu gol juga menjadi salah pemicu hidupnya lini serang Liverpool.

Pada menit ke-63, pria berpaspor Mesir tersebut menceploskan bola ke gawang Manchester City melalui tandukan kepalanya.

Setelah mampu menyamakan skor, Liverpool yang mulai memasukkan beberapa pemain andalannya, termasuk Sadio Mane, mulai mampu membuat pertahanan Manchester City kalang kabut. Pressing-pressing ketat yang tak tampak di babak pertama mulai diperagakan The Reds menjelang akhir babak kedua.

Di menit ke-67, Mo Salah kembali mendapatkan peluang emas kala hanya berhadapan dengan kiper Manchester City, Joe Hart, yang baru masuk di babak kedua. Namun sepakan Salah membentur mistar gawang.

Baru pada menit ke-92, Liverpool berhasil berbalik unggul melalui tendangan penalti Sadio Mane. Wasit memberikan hadiah penalti kepada Liverpool setelah bek Manchester City, Claudio Gomes dianggap melakukan pelanggaran terhadap Solanke di dalam kotak penalti. Skor 1-2 untuk keunggulan Liverpool pun tercipta melalui sepakan penalti Sadio Mane ke arah kanan gawang yang dijaga Joe Hart.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool tetap bertahan. Kemenangan tersebut adalah kemenangan perdana Liverpool di ICC 2018 setelah sebelumnya dikalahkan Borussia Dortmund dengan skor telak 1-3.