Prediksi MU Vs Liverpool di ICC 2018: Tebar Psy War!

Liverpool (Reuters/Andrew Yates)
27 Juli 2018 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, ANN ARBOR — Sindiran Jurgen Klopp saat Manchester United membeli Paul Pogba seharga 90 juta poundsterling pada 2016 lalu masih tersimpan di benak Jose Mourinho. Langkah Mourinho membeli Pogba dengan memecahkan rekor transfer dunia memang menuai kritik keras saat itu. Salah satu komentar paling pedas berasal dari Klopp, pelatih Liverpool, tim pesaing United di Liga Inggris.

“Klub-klub lain bisa belanja dan menghabiskan uang lebih banyak serta mengumpulkan pemain-pemain top. Saya ingin melakukan hal berbeda. Saya akan melakukannya dengan berbeda jika saya bisa menghabiskan banyak uang,” ujar Klopp saat itu.

Tokopedia

Setelah dua tahun berlalu, Klopp seolah menjilat ludahnya sendiri. Pelatih asal Jerman tersebut telah mengeluarkan 163,9 juta poundsterling (Rp3,08 triliun) untuk belanja pemain baru musim panas ini. Itu belum termasuk pembelian bek Virgil van Dijk dari Southampton senilai 75 juta poundsterling (Rp1,4 triliun) pada Januari 2018 lalu.

Pengeluaran Liverpool di bursa transfer musim panas itu dua kali lipat lebih banyak ketimbang milik United. Sejauh ini, klub berjuluk Setan Merah tersebut hanya mengeluarkan dana 74,43 juta poundsterling (Rp1,39 triliun).

Mourinho pun mendapatkan momentum tepat untuk membalas sindiran Klopp dua tahun lalu. Manajer Setan Merah itu sekaligus menantang Liverpool mengakhiri paceklik gelar karena sudah belanja gila-gilaan di bursa transfer.

Seperti diketahui, kali terakhir The Reds, julukan Liverpool, mampu mengangkat mahkota Liga Premier Inggris terjadi pada 1990 lalu alias hampir tiga dekade. Gelar juara paling gres yang diperoleh Liverpool yakni Piala Liga, itu pun sudah terjadi 2012 lalu atau enam tahun silam.

“Saya juga senang tersenyum dan melihat, Anda tahu sendiri, Anda bisa mengubah opini Anda dan mengubah seseorang, itu lucu. Namun tak masalah. Tapi mungkin musim ini, akhirnya Anda menuntut mereka juara," kata Mourinho dilansir Express.co.uk, Jumat (27/7/2018).

"Anda harus fair dan tim mereka berinvestasi sejak Januari 2018 lalu, Anda tidak hanya melakukannya musim ini, mungkin itu akan menjadi rekor Liga Premier, sebuah tim, finalis Liga Champions, Anda harus mengatakan mereka kandidat juara dan Anda harus juara,” sambungnya.

Perang dingin Mourinho dan Klopp di lantai bursa transfer bakal menjadi bumbu penyedap duel United versus Liverpool di Michigan Stadium, Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat, Minggu (29/7/2018) pukul 04.05 WIB. Bukan hal mustahil di laga Internasional Champions Cup (ICC) 2018 ini, dua pelatih top Eropa tersebut bakal melanjutkan menebar psy war menjelang musim baru Liga Premier 2018/2019 yang dibuka, 11 Agustus 2018 mendatang.

Sederet pemain anyar United dan Liverpool disebut-sebut akan turun dalam North West Derby dari Inggris di Michigan nanti. Klopp kemungkinan menurunkan gelandang bertahan Fabinho. Sementara Mourinho akhirnya bakal memberikan kesempatan pemain termahalnya musim panas ini, Fred, untuk melakoni debut berkostum Setan Merah.

“Ini [United] klub terbesar di dunia dan saya senang menjadi bagian dari mereka. Bekerja di bawah Jose Mourinho, yang memenangi banyak trofi selama menjadi pelatih, itu kesempatan yang tak boleh saya lewatkan,” ujar Fred yang resmi mengenakan nomor 17 di skuat Setan Merah.