Madrid Ditinggal Ronaldo, Begini Komentar Pelatih Barcelona

Cristiano Ronaldo (Reuters/Jorge Silva)
30 Juli 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde ikut berkomentar soal kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Valverde pun belum tahu apakah hal itu menguntungkan timnya, namun menurutnya Madrid telah kehilangan sosok yang penting.

Ronaldo resmi dilego Madrid ke Juventus pada bursa transfer musim panas ini dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro atau setara dengan Rp1,6 triliun. Kepergian Ronaldo pun disebut-sebut membuat persaingan Barca dan Madrid tak lagi berimbang.

Tokopedia

Maklum, Ronaldo adalah pilar penting Los Blancos sejak ia bergabung pada 2009 silam. Dia menjadi mesin gol Madrid dan sukses mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi termasuk empat trofi Liga Champions. Sosoknya selalu menjadi pusat persaingan ketika Madrid berduel dengan Barca karena ia terus saja dianggap bersaing dengan Lionel Messi.

Ronaldo dan Messi adalah dua pesepak bola terbaik dunia saat ini. Bahkan penghargaan bergengsi Ballon d'Or selalu didominasi keduanya dalam 10 tahun terakhir. Messi dan Ronaldo pun sama-sama mengoleksi lima Ballon d'Or. Keduanya juga kerap bersaing memperebutkan top skorer Liga Spanyol.

Hengkangnya Ronaldo membuat Messi dianggap lebih luasa di Liga Spanyol. Begitu juga dengan Barca. Namun Valverde tak sepenuhnya beranggapan demikian. Dia memilih prihatin lantaran Barca juga baru saja ditinggal pilar penting mereka, Andres Iniesta, pada akhir musim kemarin.

"Perginya Cristiano Ronaldo dari Madrid sama seperti halnya ketika Andres Iniesta meninggalkan kami. Julen Lopetegui [pelatih baru Madrid] pastinya harus berpikir keras untuk meredam dampak dari perginya sang pemain bintang," ujar Valverde seperti dikutip dari Soccerway, Senin (30/7/2018).

"Kami belum mengetahui selemah apa Real Madrid [tanpa Ronaldo]. Yang pasti dia [Ronaldo] adalah pemain yang banyak berkontribusi bagi klub. Kita semua bisa lihat apa yang dilakukannya [bagi Madrid]," sambungnya.