Real Madrid Vs Manchester United: Saatnya Bale Curi Panggung!

Gareth Bale (Reuters/Santiago Ferrero)
30 Juli 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MIAMI GARDENS — Gareth Bale menggeser posisi Cristiano Ronaldo sebagai pemain termahal di dunia saat didatangkan Real Madrid dari Totenham Hotspur dengan harga 85 juta poundsterling pada 2013 lalu. Tapi di lapangan, Bale hanya seperti bayang-bayang Ronaldo selama kurang lebih lima musim terakhir.

Maka kepergiaan Ronaldo dari Madrid ke Juventus pada musim panas ini memberi kesempatan bagi Bale untuk melepaskan diri dari bayang-bayang pemain berjuluk CR7 tersebut. Beberapa kali Bale mengaku tidak betah dan ingin hengkang dari Bernabeu karena tidak mendapatkan tempat di starting XI di bawah pelatih Zinedine Zidane, terutama musim lalu. Maka kepergian Ronaldo bisa membuatnya tetap mengenakan kostum Los Blancos, julukan Madrid.

Apalagi Madrid telah melakukan perubahan di kursi entrenador selepas Zidane mundur dari jabatannya setelah meraih hattrick juara Liga Champions. Bale mendapatkan harapan baru untuk menjadi The Real Galacticos milik Los Blancos bersama pelatih baru mereka, Julen Lopetegui.

Pemain berjuluk The Welsh Wizard (Penyihir dari Wales) itu setidaknya pernah membuktikan sosok tak tergantikan saat Madrid menggebuk Liverpool 3-1 di final Liga Champions, Mei 2018 lalu. Dia mencetak dua gol cantik meski baru diturunkan dari bangku cadangan pada menit ke-61. Saat Bale tampil gemilang, Ronaldo tidak mencatatkan namanya di papan skor.

Hasil di partai puncak Liga Champions tersebut seolah memberi sinyal Madrid tetap akan baik-baik saja tanpa Ronaldo, asalkan Bale masih bertahan di skuat Los Blancos. Hal itu semakin diperkuat dengan statistik Bale yang lebih baik ketika tidak bermain bersama CR7. Persentase kemenangan Bale bersama Madrid ketika Ronaldo absen mencapai 78%. Tepatnya, 21 kemenangan dalam 27 pertandingan!

Dalam 27 laga tersebut, Bale juga tampil produktif dengan mengemas 22 gol alias rata-rata 0,81 gol per laga. Produktivitas Bale itu lebih baik ketimbang saat dirinya bermain dengan Ronaldo, yakni rata-rata menciptakan 0,46 gol per pertandingan alias hanya separuhnya ketika dia bermain tanpa CR7.

Bale akan mulai menunjukkan peran vitalnya pasca-Ronaldo turun takhta dari Bernabeu ketika Madrid bertemu Manchester United pada turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) di Hard Rock Stadium, Miami Gardens, Amerika Serikat (AS), Rabu (1/8/2018) pukul 07.00 WIB. Ini sekaligus debut Lopetegui bersama Madrid sejak ditunjuk menggantikan Zidane.

Dalam latihan timnya di Miami, Lopetegui menjajal Bale dan Karim Benzema dipasangkan dengan Vinicius Junior untuk mengisi lini depan timnya. Trisula BBV tersebut dijajal dalam skema 4-3-3 dengan didukung gelandang Marcos Llorente dan Dani Ceballos. Lopetegui benar-benar akan memanfaatkan laga pramusim untuk persiapan menghadapi Atletico Madrid pada Piala Supern Eropa, dua pekan depan.

"Dia [Lopetegui] melakukannya denganbaik dan saya akan selalu siap menjalankan perintah. Batasannya sekarang tinggi, kami harus sabar," jelas bek Madrid, Dani Carvajal, seperti dilansir As.com, Senin (30/7/2018).