Arsenal Paling Bersahabat dengan Pemain Akademi

Pemain/pemain Arsenal merayakan gol (Reuters/Eddie Keogh)
31 Juli 2018 23:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Membeli pemain matang bukanlah sesuatu yang mengherankan di sepak bola modern saat ini. Tapi, Arsenal pantas mendapatkan acungan jempol karena tim London Utara ini masih memberi kepercayaan menurunkan pemain jebolan akademi mereka dalam dua musim terakhir.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan Press Association Sport, tim berjuluk The Gunners tersebut menjadi klub yang paling banyak memberi kesempatan bermain untuk pemain jebolan akademi mereka di Liga Premier dua musim terakhir. Yakni dengan total 7.933 menit.

Seperti dilansir Standard.co.uk, Selasa (31/7/2018), Arsenal memakai beberapa pemain jebolan akademi mereka, seperti Hector Bellerin dan Alex Iwobi. Bellerin pernah menimba ilmu bersama tim junior Barcelona, tapi ia melanjutkan karier bersama akademi Arsenal pada 2011-2013.

Kembalinya Jack Wilshere dari masa peminjaman dari Bournemouth pada musim lalu juga mendongkrak menit tampil pemain akademi Arsenal. Sayang, Wilshere dilepas dan bergabung dengan West Ham United pada musim panas ini.

Arsenal mengalahkan Manchster United dan Everton sebagai klub yang paling sering menurunkan pemain akademi di Liga Premier Inggris dalam dua musim terakhir. Dua klub itu masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga. Adapun Burnley menempati posisi selanjutnya setelah mereka memainkan pemain akademi, Dwight McNeil, dalam dua menit tersisa melawan Bournemouth akhir musim lalu.

Posisi Arsenal sebagai klub paling “bersahabat” untuk pemain akademi itu tidak lepas dari peran pelatih lama mereka, Arsene Wenger. Sebab, Wenger yang menempati kursi pelatih Arsenal dalam dua musim terakhir. Belum diketahui apakah pelatih baru Arsenal, Unai Emery, bakal mengikuti jejak Wenger dengan menurunkan pemain-pemain jebolan akademi The Gunners atau tidak pada musim 2018/2019 nanti.

Emery sepertinya tetap akan memberi kepercayaan kepada pemain akademi Arsenal pada musim perdananya di kursi pelatih The Gunners. Salah satunya, Bellerin. Full-back Arsenal tersebut hampir selalu dipercaya bermain membela The Gunners dalam tur pramusim. Pemain berdarah Spanyol itu pun mengaku Arsenal sudah klik dengan konsep baru yang diusung Emery ke Emirates Stadium.

“Rasanya klik. Pelan-pelan kami mulai kompak, dengan latihan setiap hari membuat kami semakin lebih baik dengan konsep baru [dari Emery],” jelas Bellerin.