Menteri Muda Geram Timnas Malaysia Dimaki Saat di Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahman. (Instagram/syedsaddiq)
31 Juli 2018 17:40 WIB Ginanjar Saputra Indonesia Share :

Solopos.com, GRESIK — Pertandingan Piala AFF U-16 antara Malaysia dan Thailand di Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim), Senin (30/7/2018) berlangsung panas. Panasnya laga tersebut justru muncul dari bangku penonton kala suporter Indonesia yang justru tak bertanding menyanyikan lagu makian terhadap Timnas Malaysia.

Lagu makian itu dinyanyikan diduga karena suporter Indonesia geram tehadap salah satu pemain Timnas Malaysia, Amirul Ashrafiq Hanifah. Pasalnya, pemain tersebut sempat menggunggah bendera Polandia yang ia anggap sebagai bendera Indonesia sehingga dianggap telah membalik posisi bendera Indonesia melalui layanan story di akun Instagramnya, @amirulash9.

Berdasarkan video yang beredar, suporter Indonesia melantunkan lagu makian yang menyertakan kata "anjing" terhadap pemain Malaysia yang sedang bertanding melawan Thailand pada Babak Penyisihan Piala AFF U-16. "Malaysia itu anjing, Malaysia itu anjing," begitu lantunan lagu yang terdengar.

 

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on Jul 30, 2018 at 8:20am PDT

Atas makian dari suporter Indonesia itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahman, merasa geram. Sang menteri yang masih muda serta tampan itu ingin ada tindakan tegas dari federasi sepak bola Malaysia kepada suporter Indonesia yang melontarkan makian tersebut.

"Dulu kita dikenakan tindakan karena segelintir fans yang tidak bertanggung jawab. Hari ini, apabila pemain kita dipanggil anjing dan ada sampai diugut bunuh, @FAM_Malaysia perlu bertegas dan laporkan kepada pihak AFF. Tindakan yangg keras perlu dikenakan," tulis Syed Saddiq melalui akun Instagramnya, @syedsaddiq, dengan meneyrtakan video makian yang dimaksud.

Sontak keluhan serta rasa geram dari sang menteri tampan Malaysia itu memicu beragam reaksi dari netizen yang mengaku sebagai warga negara Indonesia (WNI). Sebagian dari mereka yang mengaku sebagai WNI justru menganggap rasa geram Syed Saddiq itu merupakan hal yang salah kaprah.

Mereka bahkan menganggap Timnas Malaysia pantas mendapatkan makian tersebut karena salah satu pemainnya dianggap telah menghina Indonesia dengan membalik Sang Merah Putih. "Tidak ada asap jika tidak api," tulis pengguna akun Instagram @agifalmusa_.

"Bendera Indonsia dilecehkan dengan Polandia kenapa tak awak post pak menteri sukan? Kenapa Kenapa hanya ini sahaja yang awak post?" tanya pengguna akun Instagram @rafly12ashari.

"Kemarin bendera Indonesia dibalik kemana saja bung? @syedsaddiq yang balik pemain resmi tim Malaysia lo, bukan suporter yang tidak ada ikatan dengan tim secara resmi," timpal pengguna akun Instagram @boxsquareid.

Meski ramai dimaki, Syed Saddiq terpantau belum menanggapinya. Namun terlepas dari insiden bendera terbalik, menteri tampan tersebut tak ingin Timnas Malaysia merasa tak aman saat bertanding di Piala AFF U-16. "The safety and security of our Malaysian team is my priority [Keamanan dan kenyamanan Timnas Malaysia merupakan prioritas kami]," ungkap Syed Saddiq.

Syed Saddiq juga menjelaskan dirinya tak ingin hubungan Indonesia dan Malaysia memanas karena kejadian di Piala AFF U-16 tersebut. "Jangan karena tindakan segelintir, hubungan baik diantara dua negara [Indonesia-Malaysia] terkesan [terganggu]. I would condemn the same if it happened in Malaysia [Saya juga mengecam jika tindakan seperti itu terjadi di Malaysia]. Salah tetap salah. Action must be taken [Tindakan harus dilakukan]," tutup menteri yang belum lama ini nge-vlog bareng Presiden Joko Widodo itu.