Piala AFF U-16: Laga Berlangsung Keras, Indonesia Bekuk Myanmar 2-1

Timnas Indonesia U/16 melakukan tos (Pssi.org)
31 Juli 2018 20:49 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO - Timnas Indonesia U-16 mendapat tantangan dari Myanmar pada matchday kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16. Di laga ini, Indonesia menang dengan skor tipis 2-1.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (31/7/2018) malam WIB, Indonesia mendapat perlawanan alot dari Myanmar. Namun, Indonesia sedikit lebih mendominasi dan mengancam. Ancaman lebih banyak datang dari sisi sayap yang diisi oleh Supriadi dan Fajar Fathurrahman.

Tokopedia

Indonesia pun langsung unggul saat pertandingan memasuki menit kedelapan. Bagus Kahfi mampu membawa Indonesia unggul 1-0 setelah memanfaatkan kelengahan lini belakang Myanmar. Dia bisa mencuri bola sebelum menggetarkan jala gawang lawan.

Tapi setelah itu, pertahanan Indonesia justru digempur. Di menit ke-15, Ernando membuat penyelamatan bagus dengan menepis tembakan keras pemain Myanmar dari situasi tendangan bebas. Tak berselang lama, tembakan pemain Myanmar cuma menerpa tiang gawang.

Myanmar terus menebar ancaman setelah itu. Mereka lebih banyak mengandalkan serangan balik dan situasi bola mati. Myanmar pun nyaris mencetak gol di menit ke-18. Seorang pemain Myanmar berdiri bebas di kotak penalti, namun Ernando dengan ciamik mampu menepis tembakannya.

Justru Indonesia yang mampu menambah gol. Pada menit ke-25, Bagus Kahfi kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Indonesia unggul 1-0. Gol itu berawal dari serangan balik cepat, dia mampu memenangi lari dengan dua bek Myanmar sebelum menaklukkan kiper. Skor 2-0 untuk Indonesia itu bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, baik Indonesia maupun Myanmar sama-sama tak mengendurkan serangan. Beberapa peluang pun didapat di awal babak kedua. Termasuk tendangan bebas Muhammad Yudha yang masih membentur pagar hidup Myanmar.

Di menit ke-59, kiper Indonesia Ernando Ari kembali melakukan penyelematan gemilang. Dia mengagalkan tembakan keras striker Myanmar di kotak penalti. Kali ini Ernando menggunakan kaki untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Di menit ke-71, Myanmar mendapat hadiah penalti setelah Ernando dianggap melakukan pelanggaran. Myanmar pun mampu memperkecil kedudukan menjadi 2-1 setelah eksekusi Zauw Mien Thien gagal dibendung Ernando. Skor 2-1 untuk Indonesia ini pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain Timnas U-16:
Ernando Ari, M. Yudha, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Brylian Nagietha, David Maulana, Rendy Juliansyah, Fajar Fathurrahman, Supriadi, Bagus Kahfi