Piala AFF U-16: Menang Lawan Myanmar, Fakhri Husaini Kritik Wasit

Timnas Indonesia U/16 bersama pelatih Fakhri Husaini (Antara/Zabur Karuru)
01 Agustus 2018 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengkritik wasit setelah timnya mengalahkan Myanmar pada matchday kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16. Fakhri menilai wasit tak bersikap bijak dalam memimpin pertandingan.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (31/7/2018), Indonesia mampu mengatasi perlawan Mtanmar dengan skor tipis 2-1. Indonesia mampu unggul dua gol lebih dulu. Kedua gol Indonesia itu diborong Bagus Kahfi. Myanmar kemudian bisa menyamakan kedudukan melalui penalti Zaw Win Thein.

Laga itu sendiri berlangsung keras. Beberapa kali pemain dari kedua tim terlibat perdebatan dan saling dorong. Fakhri pun mengkritik wasit lantaran tak mampu menjadi pemimpin yang baik di lapangan.

“Saya tidak mau membahas wasit terlalu panjang. Itu sudah ada yang mengaturnya. Tapi saya rasa harus ada seseorang yang harus merespon emosi pemain dan mengontrol serta memimpin jalannya pertandingan dengan baik," kata Fakhri seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Harusnya ada seorang yang bijak dan bisa melindungi pemain dengan baik di atas lapangan,” ujarnya.

Ini menjadi kemenangan kedua Indonesia di Piala AFF U-16. Sebelumnya, Indonesia mampu menggunduli Filipina dengan skor 8-0. Rendy Juluansyah dkk. pun kini memuncaki klasemen sementara Grup A dengan nilai enam.

"Melawan Myanmar selalu ketat dan keras. Situasi yang sama pernah kita hadapi saat lawan mereka, salah satunya di turnamen Tien Phong, Vietnam. Pertama, saya mengucapkan syukur Alhamdulillah kami bisa mendapatkan tiga poin di pertandingan kedua kami. Ini modal yang baik," ujar Fakhri.