Soal Laga di Sriwedari, Polresta Solo Belum Beri Lampu Hijau

Nicolous Irawan - Kondisi Stadion Sriwedari saat diambil gambarnya pada 20 Maret 2018.
02 Agustus 2018 16:17 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Harapan Persis Solo menggunakan Stadion Sriwedari sebagai markas sementara mereka saat laga kandang dalam lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia Wilayah Barat belum sepenuhnya terealisasi.


Meski Manajemen Persis Solo telah menegaskan mereka memilih Stadion Sriwedari dan tak ingin pindah ke luar Kota Solo, ada sejumlah prosedur yang harus dilalui. Salah satunya adalah izin penyelenggaraan pertandingan dari kepolisian dalam hal ini Polresta Solo. Hingga Rabu (1/8/2018) malam WIB, Polresta Solo belum mengizinkan Stadion Sriwedari sebagai markas Persis Solo menjalani laga kandang.
“Kami akan mengirim surat resmi kepada Wali Kota Solo dan Manajemen Persis Solo, besok [hari ini]. Silakan bisa dibaca isinya besok. Kapasitas stadion jelas tidak cukup untuk menampung suporter Persis Solo. Pertimbangan yang paling penting adalah menyangkut keamanan,” ujar Kabag Ops Polresta Solo, AKBP Arief Joko S.P., mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, saat dihubungi solopos.com, Rabu malam.


Sementara itu, Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo, saat ditemui solopos.com di Stadion Sriwedari menyatakan sempat mendapat telepon dari AKBP Arief Joko perihal rencana penggunaan Stadion Sriwedari sebagai markas Persis Solo. Rio menyebut kemungkinannya sangat kecil bahkan hampir pasti mustahil polisi memberikan izin kepada Persis Solo menjamu lawannya di Stadion Sriwedari. “Pertimbangannya karena kapasitas stadion yang kecil dan tidak ada ruang parkir yang memadai di sekitar Stadion Sriwedari. Dikhawatirkan hal itu bisa mengganggu kelancaran lalu lintas,” ucap Rio.


Sementara itu, Manajemen Persis Solo sudah menyurvei Stadion Sriwedari pada Rabu pagi. Survei itu dilakukan sebagai bahan penyusunan rancangan anggaran belanja (RAB) pembenahan stadion yang dibangun pada 1933 itu. “Secepatnya kami akan menggelar audiensi dengan Polresta Solo untuk membahas rencana kami menggunakan Stadion Sriwedari sebagai homebase tim,” ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persis Solo, Dedi M. Lawe.