Piala AFF U-16: Sengit! Indonesia Tekuk Vietnam 4-2

Timnas Indonesia U/16 melakukan tos (Pssi.org)
02 Agustus 2018 20:48 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO - Timnas Indonesia U-16 mendapat tantangan dari Vietnam pada matchday ketiga Grup A Piala AFF U-16. Di laga ini, Indonesia mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (2/8/2018) malam WIB, Indonesia langsung menyerang sejak awal. Peluang didapat dari tendangan bebas M. Yudha. Dari jarak yang cukup jauh, Yudha langsung menendang bola ke gawang. Sayang bola masih bisa ditepis kiper Vietnam.

Tokopedia

Namun, Indonesia justru kecolongan. Vietnam mampu mencetak gol pada menit keenam. Gol itu bermula dari kesalahan Komang Teguh yang tidak sempurna menyapu bola. Bola justru jatuh ke kaki pemain Vietnam dan langsung diteruskan untuk menjadi gol. Indonesia tertinggal 0-1 dari Vietnam.

Di menit ke-17, Indonesia nyaris menyamakan kedudukan. Tim Garuda Asia mendapat kesempatan melalui tendangan bebas di depak kotak penalti. Eksekusi Sutan Zico sebenarnya sudah baik, namun kiper Vietnam masih mampu menepis bola yang mengarah ke pojok gawang.

Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-29. Supriyadi yang baru dimasukkan pelatih Fakhri Husaini mampu mencatatkan namanya di papan skor. Supriyadi sukses melewati tiga pemain Vietnam sebelum menceploskan bola ke gawang Indonesia vs Vietnam menjadi 1-1. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia mampu membalikkan kedudukan. Pada menit ke-44, Bagus Kahfi mampu mencetak gol melalui tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan setelah ada pelanggaran dari pemain Vietnam kepada David Maulana di kotak terlarang.

Indonesia kembali menambah keunggulan menjadi 3-1 di menit ke-60. Berawal dari akselerasi Bagas Kaffa, dia mampu melewati sejumlah pemain Vietnam. Bagas lantas mengirim umpan ke kotak penalti yang diselesaikan dengan baik oleh Bagus Kahfi.

Memasuki menit ke-66, terjadi kericuhan di lapangan. Kericuhan itu berawal dari pelanggaran keras pemain Vietnam. Sejumlah pemain dari kedua tim pun sempat bersitegang. Hasilnya, satu pemain Vietnam dan satu pemain Indonesia mendapat kartu merah. Pemain Vietnam mendapat kartu merah langsung sedangkan pemain Indonesia yakni Bagas Kaffa mendapat kartu kuning kedua.

Lima menit berselang, Vietnam mampu memperkecil kedudukan. Indonesia dihukum penalti lantaran ada pelanggaran di kotak terlarang. Eksekusi pemain Vietnam sukses menaklukkan Ernando Ari. Skor menjadi 3-2 untuk Indonesia .

Di masa injury time, Indonesia kembali mencetak gol. Berawal dari serangan balik cepat, bola dibawa Bagus Kahfi menuju pertahanan Vietnam. Dia kemudian menyodorkan bola ke Andre Oktaviansyah yang berdiri bebas. Andre pun mampu menceploskan bola dengan tenang. Skor 4-2 untuk Indonesia pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-16
Ernando Ari, Bagas Kaffa, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, M. Yudha, Brylian Negietha, David Maulana, Andre, Yadi Mulyadi, Amanar Abdillah, Sutan Zico