Babak I: Disaksikan Xanana Gusmao, Wasit Tak Sahkan Gol Indonesia

Timnas Indonesia U/16 bersama pelatih Fakhri Husaini (Antara/Zabur Karuru)
04 Agustus 2018 19:47 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Babak I laga Indonesia vs Timor Leste di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018) malam diwarnai permainan keras Timor Leste. Timor Leste mampu memaksakan skor 0-0 di babak I meski seharusnya Indonesia bisa unggul sedikitnya 1-0 jika wasit dan hakim garis jeli memimpin pertandingan.

Pada menit 16, Indonesia mendapatkan tendangan bebas setelah gelandang Timor Leste, Aldo, menyentuh bola tak jauh dari kotak penalti. Tembakan Andre yang sempat membentur mistar gawang sempat jatuh di belakang garis gawang, sebelum memantul kembali ke luar gawang. Sayangnya, wasit sama sekali tidak menganggapnya sebagai gol.

Tokopedia

Di tribun, mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menyaksikan tim mudanya menerapkan permainan kasar melawan Indonesia. Wasit kembali memperlihatkan ketidakjeliannya saat membiarkan permaian berjalan meski pemain Timor Leste bernomor punggung 5 tertangkap kamera mengasari pemain Indonesia.

Indonesia sendiri sangat mendominasi permainan. Belasan peluang tercipta di babak pertama meskipun belum ada satupun yang berbuah gol.

Jalannya Pertandingan

Menit pertama David Maulana sudah mengancam dengan melepaskan shooting ke gawang Timor Leste. David kembali melepaskan tembakan semenit kemudian namun masih melenceng dari sasaran.

Barisan gelandang serang Indonesia sangat aktif menekan pertahanan Timor Leste. Pergerakan Hamsa Lestaluhu di sisi kiri ditopang dengan pergerakan Andre dan David dari tengah mampu membuat pemain Timor Leste tak bisa keluar dari kotak penalti.

Menit ke-8, peluang bersih didapatkan Indonesia saat Andre melepaskan umpan pendek yang mampu diblok bek Timor Leste. Bola muntah yang ditembakkan ke arah gawang juga masih membentur pemain Timor Leste.

Menit 11, Indonesia kembali mendapat peluang. Umpan silang Salman di sisi kiri diakhiri dengan sundulan Bagus Kahfi ke arah gawang, namun bola masih bisa ditangkap kiper lawan.

Peluang bersih kembali datang pada menit 16, gelandang Timor Leste, Aldo, menyentuh bola tendangan Hamsa dan membuahkan tendangan bebas. Tembakan Andre membentur mistar gawang. Sayangnya, bola rebound yang disundul Bagus belum bisa menembus gawang lawan.

Dalam tayangan lambat, bola dari tendangan bebas sudah melewati garis gawang dan seharusnya disahkan menjadi gol. Namun, wasit maupun hakim garis tidak melihatnya. Andre kembali menjadi kreator saat pergerakannya dari tengah diakhiri dengan tembakan ke gawang.

Menit 31, Supriadi yang masuk di pertengahan babak pertama meraih peluang bersih saat menerima umpan terobosan dari tengah. Sayang, tembakannya dari sayap kiri masih melenceng tipis di kiri gawang Timor Leste.

Permainan keras diperlihatkan oleh pemain Timor Leste. Mereka berupaya memprovokasi pemain Indonesia bahkan sengaja mencederai lawan. Menjelang turun minum, Andre masih berupaya melepaskan tendangan first time yang melayang hanya beberapa cm di atas mistar gawang.

 

timnasu16