Gulung Timor Leste 3-0, Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-16

Timnas Indonesia U/16 (Pssi.org)
04 Agustus 2018 20:46 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Indonesia akhirnya berhasil menggulung Timor Leste dengan skor meyakinkan 3-0 dalam laga keras di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018) malam. Striker muda yang sedang naik daun, Bagus Kahfi, memborong dua gol dalam laga yang diwarnai aksi keras pemain Timor Leste.

Seperti di babak pertama, Timor Leste yang kalah secara teknis berupaya memainkan emosi dengan cara bermain keras. Namun, wasit nyaris selalu membiarkan pelanggaran terjadi. Meski demikian, para pemain muda Indonesia tetap mampu menjaga emosi dan bermain apik sepanjang 2 kali 40 menit.

Tokopedia

Bermain dengan penguasaan bola yang tinggi, Indonesia baru bisa memecah kebuntuan pada menit 49 melalui kaki Bagus Kahfi yang menyelesaikan umpan silang dari Salman di sisi kiri. Sutan Zico yang masuk di babak kedua menambah keunggulan pada menit 72 dengan tendangan keras jarak dekatnya. Bagus mencetak gol keduanya setelah menaklukkan bek dan kiper lawan di menit 82.

Dengan demikian, Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-16. Indonesia akan menghadapi salah satu dari Laos atau Malaysia dari Grup B.

Babak I

Menit pertama David Maulana sudah mengancam dengan melepaskan shooting ke gawang Timor Leste. David kembali melepaskan tembakan semenit kemudian namun masih melenceng dari sasaran.

Barisan gelandang serang Indonesia sangat aktif menekan pertahanan Timor Leste. Pergerakan Hamsa Lestaluhu di sisi kiri ditopang dengan pergerakan Andre dan David dari tengah mampu membuat pemain Timor Leste tak bisa keluar dari kotak penalti.

Menit ke-8, peluang bersih didapatkan Indonesia saat Andre melepaskan umpan pendek yang mampu diblok bek Timor Leste. Bola muntah yang ditembakkan ke arah gawang juga masih membentur pemain Timor Leste.

Menit 11, Indonesia kembali mendapat peluang. Umpan silang Salman di sisi kiri diakhiri dengan sundulan Bagus Kahfi ke arah gawang, namun bola masih bisa ditangkap kiper lawan.

Peluang bersih kembali datang pada menit 16, gelandang Timor Leste, Aldo, menyentuh bola tendangan Hamsa dan membuahkan tendangan bebas. Tembakan Brylian membentur mistar gawang. Sayangnya, bola rebound yang disundul Bagus belum bisa menembus gawang lawan.

Dalam tayangan lambat, bola dari tendangan bebas sudah melewati garis gawang dan seharusnya disahkan menjadi gol. Namun, wasit maupun hakim garis tidak melihatnya. Andre kembali menjadi kreator saat pergerakannya dari tengah diakhiri dengan tembakan ke gawang.

Menit 31, Supriadi yang masuk di pertengahan babak pertama meraih peluang bersih saat menerima umpan terobosan dari tengah. Sayang, tembakannya dari sayap kiri masih melenceng tipis di kiri gawang Timor Leste.

Permainan keras diperlihatkan oleh pemain Timor Leste. Mereka berupaya memprovokasi pemain Indonesia bahkan sengaja mencederai lawan. Menit 38 Andre melepaskan tendangan first time yang melayang hanya beberapa cm di atas mistar gawang.

Babak II

Menit 44, Indonesia kembali mengurung gawang Timor Leste. Kemelut yang terjadi di mulut gawang diwarnai dua kali tembakan yang masih diblok bek lawan. Dua menit kemudian, Andre melepaskan tendangan first time yang kembali tipis melenceng di atas mistar gawang.

Gol! Bagus Kahfi akhirnya memecah kebuntuan di menit 49. Andre melepaskan umpan ke arah sayap kiri yang diterima Salman. Bek kiri muda itu kemudian melepaskan umpan silang yang dengan mudah dicocor oleh Bagus yang berdiri bebas di muka gawang Timor Leste dengan kaki kiri. Indonesia 1, Timor Leste 0.

Menit 55, Supriadi meliuk-liuk di kotak penalti Timor Leste namun dipotong oleh bek lawan. Menit 59, Timor Leste untuk kali pertama mengancam pertahanan Indonesia. Aldo sempat menembus area penalti Indonesia sebelum bolanya disapu oleh Fadilah.

Menit 65, peluang bersih kembali didapatkan Indonesia. Sayang, tendangan pelan Supriyadi di dalam kotak penalti masih menghantam mistar gawang.

Menit 66 Sutan Zico dimasukkan untuk menambah daya gedor lini depan. Sedangkan Salman ditarik keluar digantikan Yudha.

Menit 72, Indonesia menambah keunggulan melalui tendangan keras Sutan Zico dari depan area penalti setelah menerima umpan silang dari sayap kanan.

Menit 82, Bagus Kahfi menerima umpan terobosan di kotak penalti lawan. Meski diadang bek lawan, Bagus masih bisa mengontrol bola dan melepaskan tembakan yang tak bisa diantisipasi kiper Timor Leste. Indonesia unggul 3-0.