Garang di Babak 1, Persebaya Ungguli Persela 2-0

Persebaya Surabaya (Twitter)
05 Agustus 2018 16:16 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SURABAYA -- Tampil di depan pendukung mereka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (5/8/2018) sore, Persebaya tampil garang menekan tamunya Persela Lamongan. Di babak I, anak asuh Bejo Sugiantoro sudah unggul dua gol.

Dalam debutnya sebagai pelatih Persebaya, Bejo menerapkan formasi ofensif 4-3-3 dengan David Da Silva sebagai ujung tombak. Posisinya diapit Fernando dan Pahabol yang bergerak sangat cepat di kedua sisi.

Tokopedia

Persela sebenarnya sama-sama menerapkan formasi 4-3-3. Namun, trio gelandang mereka yaitu Nasrullo, Wallace Costa, dan Sulistyawan kalah dalam penguasaan bola di tengah. Mereka kalah cepat dari Rendi Saputra dan Ruben Sanadi yang operannya sangat efektif.

Hasilnya, Persebaya sejak menit pertama tampil menekan hingga menciptakan beberapa peluang. Baru empat menit berselang, David Da Silva sudah terlepas dari kawalan bek Persela meski tendangannya mampu diblok oleh kiper Persela Dedi Kuswanto.

Ancaman berikutnya dilakukan lewat kaki Rendi pada menit 7. Penetrasi cepatnya ke kotak penalti Persela diakhiri dengan shooting keras yang mengarah tepat ke posisi Kuswanto.

Menit 11, giliran Oktafianus Fernando yang memberikan ancaman. Melihat celah pertahanan Persela yang terbuka, Fernando yang bergerak di sayap kiri melepaskan tendangan langsung ke gawang Persela, namun masih bisa diblok oleh Dwi Kuswanto. Dwi Kuswanto kembali berjibaku menangkap bola sundulan tiga menit berselang.

Pertahanan Persela benar-benar jebol pada menit 16. Berawal dari serangan Persela yang patah di tengah, Persebaya melalukan serangan balik cepat melalui Da Silva. Striker jangkung itu menggiring bola dengan cepat dan leluasa melepaskan tendangan jarak jauh yang menaklukkan Kuswanto. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

David Da Silva kembali mengulangi upayanya. Melakukan sprint di sisi kiri pertahanan Persela, dia menerima umpan terobosan sebelum melepaskan tendangan yang kali ini meleset di sisi kanan gawang.

Gol! Persebaya benar-benar menguasai area pertahanan Persela. Pada menit 30, gelandang Persebaya, Rendi Saputra, menggiring bola tanpa pengawalan sebelum melepaskan tendangan keras ke gawang Persela. Persebaya pun unggul 2-0.