Beckenbauer Sindir Ozil Soal Lagu Kebangsaan

Franz Beckenbauer. (Reuters)
06 Agustus 2018 10:00 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, BERLIN - Timnas Jerman mengalami kegagalan total di ajang Piala Dunia 2018. Tak hanya sekadar gagal mempertahankan gelar juara mereka, Der Panzer bahkan menjadi juru kunci di fase grup. Hal tersebut kemudian lekas disoroti oleh legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer. Ia menilai kalau para pemain Timnas Jerman sudah tak memiliki semangat bertanding lagi.

Beckenbauer menilai seperti itu lantaran ia melihat banyaknya pemain Jerman yang tak menyanyikan lagu kebangsaan, salah satunya adalah Mesut Ozil. Menurut Beckenbauer, hal tersebut membuat semangat para pemain berkurang sehingga tak bisa tampil maksimal dan pada akhirnya mendera kekalahan.

"Dari luar, saya mendapat kesan bahwa semangat itu telah berkurang dalam empat tahun sejak menjuarai Piala Dunia. Oleh karena itu, membangun kembali dengan pemain yang lapar dan panas diperlukan. Nyanyian lagu kebangsaan juga memainkan peran. Siapa yang menyanyi sebelum permainan membebaskan dirinya lebih dari sekadar mengunyah permen karet,” ucap Beckenbauer, dilansir Goal, Minggu (5/8/2018).

Sementara itu, Ozil pun menjelaskan bahwa alasannya tak ikut menyanyikan lagu kenagsaan Jerman adalah karena ia sedang berdoa. Pasalnya, Ozil meyakini bahwa berdoa akan memberinya kekuatan untuk bisa mengarungi pertandingan dengan apik.

“Ketika lagu kebangsaan dimainkan, saya berdoa, dan saya yakin ini akan memberi kami kekuatan dan kepercayaan diri untuk membawa kemenangan ke rumah. Saya pikir sangat disayangkan jika saya atau rekan setim dihukum, karena saya yakin orang-orang tidak tahu mengapa semua orang tidak bernyanyi dengan keras,” tutur Ozil.