Piala AFF U-16: Prediksi Indonesia Vs Kamboja

Timnas U/16 (PSSI.org)
06 Agustus 2018 14:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJOIndonesia dan Thailand sama-sama menjadi buah bibir di fase grup Piala AFF U-16 2018. Jelang fase grup berakhir, kedua tim mampu menjaga rekor kemenangan 100% yang membawa mereka menggaransi lebih awal satu tiket ke babak semifinal. Laga Indonesia melawan Thailand pun disebut-sebut sebagai final ideal di ajang Piala AFF U-16 tahun ini.

Jika ditotal, jumlah gol kedua tim tersebut sudah mencapai 29 (17 Indonesia, 12 Thailand). Tak hanya punya lini serang yang mumpuni, Indonesia dan Thailand mempunyai pertahanan yang sulit ditembus. Sejauh ini Garuda Asia baru kebobolan tiga gol di empat laga fase grup A. Adapun Thailand hanya dua kali kebobolan dari empat pertandingan yang sudah dijalani.

Tokopedia

Namun dua raksasa sepak bola Asia Tenggara ini berpeluang bertemu di lebih awal di laga semifinal apabila salah satu tim melorot ke posisi runner up di sisa laga grup. Ya, David Maulana dkk. masih bisa terlempar ke peringkat kedua andai kalah melawan Kamboja dalam laga pamungkas di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (6/8/2018) malam WIB.

Secara matematis, Myanmar dan Vietnam yang berada di posisi kedua dan ketiga dengan selisih tiga poin dari Indonesia masih bisa memuncaki klasemen karena turnamen mendahulukan selisih gol ketimbang head to head. Myanmar dan Vietnam sendiri bakal saling bunuh untuk satu tiket tersisa pada Senin.

Fachri Husaini tentu tak ingin mengambil risiko dengan bermain seadanya di laga pamungkas melawan Kamboja. Indonesia perlu mengamankan minimal satu poin untuk menyegel puncak klasemen, sekaligus menghindari final kepagian melawan Thailand di semifinal. Jika berhasil meraih singgasana grup, Garuda Asia kemungkinan bakal melawan musuh bebuyutan, Malaysia. Sempat telat panas di awal turnamen, Malaysia kini naik ke posisi runner up Grup B setelah menghajar Singapura dengan skor 4-0.

Kamboja sendiri tak boleh dipandang sebelah mata meski baru saja dihantam Myanmar dengan skor 1-4. Anak asuh Lee Taehon itu sempat menyulitkan Myanmar di babak pertama dengan gol Met Samel. Sayang di babak kedua Kamboja gagal menjaga intensitas hingga kebobolan empat gol.

Di laga melawan Kamboja, Fachri Husaini kemungkinan akan mengistirahatkan Amirudin Bagus Kahfi agar fit di babak empat besar. Bagus sejauh ini tampil gemilang dengan delapan gol. Posisinya akan digantikan Sutan Zico yang langsung mencetak satu gol saat melawan Timor Leste seusai pulih dari cedera. “Kontribusi Zico bagus buat tim ini,” puji Fachri seusai kemenangan 3-0 atas Timor Leste, Sabtu (4/8/2018), dilansir PSSI.org.