Peran Baru Maldini di AC Milan

Paolo Maldini (Acmilan.com)
07 Agustus 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MILAN — Paolo Maldini sempat ogah-ogahan kembali ke AC Milan sebagai tim pelatih seusai pensiun pada 2009 lalu. Hubungannya yang memburuk dengan Presiden Milan saat itu, Silvio Berlusconi, membuatnya enggan membantu tim yang membesarkan namanya itu.

Demikian halnya saat taipan asal Tiongkok, Li Yonghong, mengakuisisi Rossoneri dua musim lalu. Maldini menolak jabatan yang ditawarkan padanya karena kurang percaya dengan pemilik baru Milan tersebut.

Musim ini Maldini mendadak berubah pikiran setelah Elliot Management mengambilalih Il Diavolo Rosso. Bersama Leonardo, Maldini mendapat jabatan strategis di Rossoneri. Legenda Milan itu sendiri bakal menjalankan peran sebagai Direktur Pengembangan AC Milan. Posisi ini amat krusial untuk menguatkan pondasi pembinaan tim sejak usia muda.

Pengalamannya sebagai pemain plus ilmu kepelatihan yang didapat Maldini diyakini Rossoneri dapat mengangkat prestasi klub. Lelaki yang saat masih aktif bermain dijuluki Il Capitano (Sang Kapten) itu dinilai punya karisma yang bisa menjadi inspirasi pemain muda di akademi Milan. Darah pelatih handal juga turun dari sang ayah, Cesare, yang pernah melatih Milan dan Timnas Italia.

“Sedikit sekali yang bisa menggambarkan Paolo Maldini untuk AC Milan. Ini bagian dari komitmen Elliott untuk membangun pondasi yang kuat untuk kesuksesan jangka panjang,” ujar Direktur Eksekutif Milan, Paolo Sacroni seperti dikutip Sky Sports, Senin (6/8/2018).

Kehadiran Maldini tak lepas dari campur tangan Leonardo yang kini menjadi Direktur Milan setelah hijrah dari Paris Saint Germain (PSG). Leonardo disebut secara personal menginginkan Maldini untuk mendampinginya mengembangkan AC Milan. Penyegaran di level direktur sendiri menjadi salah satu prioritas Elliot Management setelah mengakuisisi tim dari Li Yonghong.

“Ini tentu tak akan mudah dan butuh waktu lama, tapi kami punya ambisi besar. Penunjukan Paolo Maldini adalah langkah awal yang penting,” tukas Sacroni.

Saat masih aktif bermain, Maldini membuat 902 penampilan untuk Milan sejak 1984 hingga 2009. Ia telah memenangkan tujuh scudetto dan lima Piala Eropa./Liga Champions. Ia pun bermain 127 kali untuk Timnas Italia.