Chelsea Rogoh Kocek Rp1,3 Triliun untuk Kiper Muda Bilbao

Kepa Arrizabalaga (Twitter)
08 Agustus 2018 19:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, LONDON - Chelsea dikabarkan sepakat untuk menebus klausul rilis kiper muda Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga. The Blues pun tinggal selangkah lagi bisa meresmikan pembelian pemin 23 tahun itu.

Chelsea memang diburu oleh waktu untuk mendapatkan kiper baru. Pasalnya, kiper nomor satu mereka Thibaut Courtois bersikeras ingin hengkang. Courtois sudah mogok latihan selama dua hari karena ingin pindah ke Real Madrid.

Chelsea nampaknya tak bisa mencegah keinginan Courtois meski kesepakatan dengan Madrid belum terjadi. Mengingat bursa transfer di Liga Inggris yang semakin sempit, tim polesan Maurizio Sarri itu pun bergerak cepat untuk mendapatkan kiper baru. Dan pilihannya jatuh kepada Kepa.

Bahkan, Chelsea siap menebus klausul rilis Kepa di Bilbao yang mencapai 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun. Jika kesepakatan itu resmi terjalin, Kepa akan menjadi kiper termahal dunia mengalahkan Alisson Becker yang dibeli Liverpool dari As Roma pada bursa transfer musim panas ini.

"Athletic berterima kasih kepada sang pemain atas kontribusinya dalam periode bersama klub," demikian pernyataan Bilbao seperti dilansir The Guardian, Rabu (8/8/2018).

Sesuai aturan di Spanyol, klausul rilis Kepa ini akan diaktifkan oleh pengacara si pemain. Nantinya, Kepa sendiri yang akan membayar klausul rilis itu kepada Bilbao meski sumber uangnya berasal dari klub pembelinya yakni Chelsea.

Dengan aktifnya klausul rilis ini, Kepa kini tinggal terbang ke London untuk menuntaskan dokumen-dokumen dan tes medis. Di saat yang sama, Chelsea juga bisa mengizinkan Courtois untuk terbang ke Madrid dan menuntaskan kepindahan ke Los Blancos.