Resmi! Kepa Arrizabalaga Jadi Kiper Termahal Dunia

Kepa Arrizabalaga (Twitter)
09 Agustus 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Teka-teki siapakah kiper yang bakal diproyeksikan Chelsea menggantikan Thibaut Courtois akhirnya terjawab. Tim asal London Barat itu dilaporkan telah mencapai kesepakatan mendatangkan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao.

Tak tanggung-tanggung, Chelsea rela menebus klausul pelepasan Kepa yang bernilai 72 juta poundsterling (Rp1,3 triliun). Itu menjadikan kiper berusia 23 tahun tersebut sebagai penjaga gawang termahal di dunia, menggeser Alisson Becker yang dibeli Liverpool dari AS Roma senilai 67 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) pada musim panas ini.

Tokopedia

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (8/8/2018) WIB, Kepa tertangkap kamera di bandara Madrid dan siap terbang ke London. Kepa lantas berhasil melewati tes medis. Dia pun akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh Chelsea pada Kamis (9/8/2018).

Kepa bakal diikat kontrak berdurasi panjang yakni tujuh tahun. Dia akan diberi gaji sekitar 5 juta poundsterling (Rp92,8 miliar) per tahun setelah dipotong pajak. Kepa bisa jadi akan melakoni debutnya bersama Chelsea ketika tim milik Roman Abramovic tersebut bertemu Huddersfi eld Town pada laga perdana mereka di Liga Premier 2018/2019 di Stamford Bridge, Sabtu (12/8/2018) pukul 22.00 WIB.

Merapatnya Kepa ke Stamford mendapat tanggapan dari pelatih baru Chelsea, Maurizio Sarri. “Saya menyaksikannya setahun yang lalu. Kesan pertamaku dia kiper yang sangat bagus, sangat muda, sangat, sangat bagus,” ujar Sarri, seperti dilansir Sky Sports.

Tapi Sarri enggan menanggapi rencana kepergian Courtois ke Real Madrid. “Saya tidak tahu namun saya pikir saya berada di sini untuk bicara mengenai laga ini dan pertanyaan pertama untukku langsung tentang Courtois,” ujar Sarri seusai timnya menaklukkan Lyon lewat adu penalti dalam laga uji coba pramusim di Stamford Bridge.

Setelah dipecundangi Manchester City 0-2 pada Community Shield, Chelsea bangkit menundukkan Lyon 0-0 (5-4) dalam uji coba terakhir mereka sebelum Liga Premier kembali bergulir. Sejumlah pilar utama Chelsea yang berlibur setelah Piala Dunia 2018 sudah kembali, termasuk Eden Hazard.

Menariknya, kiper Rob Green yang dibeli dari Chelsea secara gratis dari Huddersfield musim panas ini membukukan penyelamatan brilian dalam adu tos-tosan. Apakah Green siap bersaing dengan Kepa, calon kiper termahal di dunia untuk menempati bawah mistar Chelsea musim 2018/2019?