Misi Sulit Manchester City Pertahankan Gelar Liga Inggris

Manchester City (Reuters/Craigh Brough)
09 Agustus 2018 17:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTERLiga Premier Inggris memang pantas disebut sebagai liga paling kompetitif di dunia. Di saat beberapa liga top Eropa dikuasai tim itu-itu saja, tidak ada satu pun klub Liga Premier Inggris yang mampu mempertahankan trofi atau juara berturut-turut (back to back) dalam sembilan musim terakhir.

Di Italia, Juventus menyapu gelar Seri-A dalam tujuh musim beruntun. Sedangkan di Jerman, Bayern Munchen baru saja menahbiskan diri sebagai juara enam kali Bundesliga Jerman tanpa putus. Paris Saint Germain (PSG) seolah tak mau kalah memonopoli liga domestik dengan meraih gelar Ligue 1 Prancis selama enam tahun terakhir.

Bagaimana dengan Liga Premier Inggris? Kali terakhir klub Liga Premier Inggris mampu mempertahankan gelar juara yakni saat Manchester United finis terdepan di klasemen pada 2008/2009. Saat itu, United masih diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo.

Jika dilihat secara lebih luas, selalu ada klub yang mampu mempertahankan gelar di 55 liga sepak bola di bawah naungan UEFA selama sembilan semusim terakhir, kecuali Liga Premier Inggris! Tantangan besar pun bakal dihadapi juara bertahan Manchester City pada Liga Premier 2018/2019 yang bakal dibuka akhir pekan ini.

Pelatih City, Josep ”Pep” Guardiola, telah merasakan persaingan sengit di Liga Inggris. Pelatih yang pernah mengantar Barcelona meraih dua trofi Liga Champions itu baru bisa menaklukkan kompetisi kasta tertinggi di Inggris ini pada musim keduanya menangani City.

Keberhasilan Guardiola mengantar City sebagai juara Liga Inggris dengan menembus 100 poin pada musim lalu membuat tim besutannya kembali masuk daftar favorit juara untuk 2018/2019. Sejumlah bursa taruhan menempatkan The Citizens, julukan City, sebagai kandidat utama meraih gelar Liga Premier musim 2018/2019.

Namun, upaya The Citizens untuk menyamai pencapaian tetangga mereka ketika mempertahankan gelar Liga Premier pada 2008/2009, sepertinya bakal menemui jalan terjal. Beberapa media Inggris menyusun alasan yang bisa membuat City gagal mempertahankan gelar. Di antaranya yakni tidak ada pelapis di sektor gelandang bertahan yang ditempati Fernandinho hingga kelelahan yang dialami sederet bintang mereka selepas Piala Dunia 2018.

Tim-tim penguhuni big six siap menggulingkan City dari singgasana mereka, terutama Liverpool. Finalis Liga Champions musim lalu tersebut telah mempermak lini belakang yang menjadi titik kelemahan mereka musim lalu, yakni dengan membeli kiper Alisson Becker dari AS Roma berbanderol hampir 67 juta poundsterling (Rp1,2 triliun).

Liga Premier musim ini juga bakal dipanaskan dengan kedatangan beberapa pelatih pendatang baru, antara lain Maurizio Sarri (Chelsea) dan Unai Emery (Arsenal).