MANCHESTER UNITED VS LEICESTER CITY: Bukan Saatnya Galau

Jose Mourinho (Reuters - Andrew Innerarity)
09 Agustus 2018 21:21 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER--Nada pesimistis sempat meluncur dari mulut Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mengenai kekuatan tim besutannya sebelum Liga Premier 2018/2019 resmi dibuka, Sabtu (11/8/2018) dini hari WIB.

Jika dibandingkan dengan beberapa tim zona big six, aktivitas United di bursa transfer musim panas ini tidak terlalu istimewa. Sekitar beberapa jam sebelum jendela transfer ditutup, Kamis (9/8/2018) waktu setempat, tim berjuluk Setan Merah itu hanya mendatangkan tiga pemain dengan total pengeluaran sekitar 74 poundsterling (Rp1,3 triliun). Mereka adalah gelandang Fred, full-back Diogo Golot, serta kiper Lee Grant.

Tokopedia

Bandingkan dengan pergerakan transfer Liverpool yang menghabiskan 170 juta poundsterling (Rp3,1 miliar) dan Chelsea dengan menghamburkan 123,3 juta poundsterling (Rp2,2 triliun) untuk belanja pemain baru musim panas ini.

Tapi pekan ini bukan waktu yang tepat bagi United untuk galau. Marcus Rashford dkk. mengawali jadwal musim kompetisi Liga Premier 2018/2019 dengan bertemu Leicester City di Old Trafford, Sabtu (11/8/2018) pukul 22.00 WIB (disiarkan langsung MNCTV). "Jadi, saya memilih fokus pada pemain-pemain yang saya miliki," jelas Mourinho, seperti dilansir dailymail.co.uk, Kamis.

Mourinho memuji beberapa pemain bintangnya yang memangkas masa libur setelah Piala Dunia 2018 untuk bergabung dengan skuat Setan Merah, seperti Romelu Lukaku, Marcus Rashford, Phil Jones, dan Victor Lindelof. Para pemain itu kemungkinan langsung memperkuat Setan Merah melawan Leicester, sekaligus berusaha meneruskan catatan apik United di laga pembuka Liga Premier.

Seperti dilansir Opta, United menjadi tim yang paling sering menang dalam laga pembuka Liga Premier sebanyak 17 kali. Mereka mencatat poin terbanyak pada match week pertama dengan rasio rata-rata 2,12 poin per laga. Mourinho juga memiliki catatan positif dalam laga pembuka musim dalam karier manajerialnya. Raihan itu berupa sembilan laga tak terkalahkan di Liga Premier, dengan mendulang 2,78 poin dan mengantongi persentase kemenangan hingga 88.89 persen pada partai perdana.

"Menurutku, sulit percaya kami bisa finis kedua [musim lalu]. Saat saya mendengar, membaca, sulit percaya finis kedua karena Anda bisa membuat orang-orang [yang seharusnya bisa finis kedua] menjadi buruk. Terkadang juga sulit percaya saya memenangi delapan trofi dan tiga gelar Liga Premier, dan saya pikir finis kedua musim lalu merupakan salah satu pencapaian terbaikku di Inggris," sindir Mourinho kepada salah satu rivalnya, Liverpool, yang paceklik gelar Liga Premier sejak 1990.

Ini adalah kali kedua Liga Premier dibuka pada Jumat waktu setempat. Sebelumnya, laga pembuka pada Jumat terjadi musim lalu, ketika Leicester ditekuk Arsenal 3-4 pada Agustus  2017. Pertarungan ini bakal memanas karena Setan Merah diketahui berhasrat menggaet pemain Leicester, Harry Maguire.

"Menurutku, bagus apabila Leicester mempertahankan pemain berpengaruhnya, dan itu penting menunjukkan ambisi kami musim depan," ujar Pelatih Leicester, Claude Puel, seperti dikutip skysports.com.