Penalti Bagus Kahfi Antar Indonesia ke Final Piala AFF U-16

Timnas Indonesia U/16 bersama pelatih Fakhri Husaini (Antara/Zabur Karuru)
09 Agustus 2018 20:48 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO - Timnas Indonesia U-16 mendapat tantangan dari Timnas Malaysia U-16 di babak semifinal Piala AFF U-16. Di laga ini, Indonesia menang dengan skor 1-0. Indonesia pun melaju ke babak final dan akan menghadapi Thailand.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) malam WIB, tensi tinggi sudah terlihat sejak awal. Kedua pemain tampil ngotot. Bahkan kapten Indonesia David Maulana langsung mendapat perawatan karena berbenturan dengan pemain Malaysia.

Indonesia mendapat peluang dari tendangan jarak jauh M. Yudha di menit ketiga. Namun bola masih melenceng. Setelah itu, Indonesia terus mendominasi permainan. Tapi masih belum bisa menciptakan peluang berbahaya.

Di menit ke-15, Malaysia nyaris mencuri gol. Berawal dari lemparan ke dalam, bola dilempar langsung ke kotak penalti Indonesia. Para bek Indonesia justru lengah dan membuat bola bisa disambar Abdul Aziz di mulut gawang. Beruntung bola masih melenceng.

Pada menit ke-28, Indonesia mendapat kesempatan emas. David Maulana berhasil mencuri bola dan langsung mendekat ke kotak penalti. Sayang tembakannya masih melambung tipis. Tiga menit kemudian giliran sontekan Supriyadi yang masih mengenai tiang gawang. Hingga jeda turun minum, skor 0-0 masih belum berubah.

Di babak kedua, Indonesia mengancam melalui tendangan Sutan Zico. Di menit ke45, Zico melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti namun bisa digagalkan kiper. Lima menit kemudian giliran tendangan bebas Bagus Kahfi yang bisa diamankan kiper Malaysia.

Indonesia masih mendominasi permainan. Sementara Malaysia memeragakan pertahanan yang rapat. Hal itu membuat Indonesia kesulitan. Garuda Asia pun akhirnya lebih banyak mencoba tendangan jarak jauh. Seperti yang dilakukan Supriyadi di menit ke-60, namun tendangan jarak jauhnya masih melambung.

Menit ke-72, Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Gol Indonesia itu dilesakkan oleh Bagus Kahfi melalui tendangan penalti. Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Supriyadi dilanggar di kotak terlarang.

Skor 1-0 untuk Indonesia itu akhirnya bertahan hingga laga usai. Indonesia pun melaju ke final Piala AFF U-16 dan akan menantang Thailand.

Susunan pemain Timnas U-16:
Ernando Ari, Bagas Kaffa, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, M. Yudha, Brylian Negietha, David Maulana, Andre Oktaviansyah, Fajar Fathurrahman, M. Supriadi, Bagus Kahfi